Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rahasia Filipina Menjelma Jadi Tim Tangguh

By Tulus Muliawan - Rabu, 26 November 2014 | 07:00 WIB
Phillip Younghusband, mencetak gol pembuka Filipina.
Arief Bagus/Bolanews
Phillip Younghusband, mencetak gol pembuka Filipina.

0, Selasa (25/11).

Citra Filipina sebagai tim medioker kini telah berubah. Mereka tak bisa dianggap enteng lagi. Bahkan layak disebut sebagai tim tangguh setelah dua kali meraih kemenangan besar di fase Grup A.

Apa rahasia di balik kesuksesan Filipina?

Menurut pelatih Thomas Dooley, komunikasi menjadi salah satu kunci sukses Filipina. "Kalau mereka membuat kesalahan, saya bisa langsung bicara dengan mereka dan tak lama kemudian mereka bisa langsung memperbaikinya."

Meski kerap terhalang sejumlah kendala, Dooley menyebut timnya juga selalu berusaha memanfaatkan waktu yang ada untuk berlatih secara maksimal.

"Kami tidak pernah benar-benar memiliki waktu yang lama untuk berlatih bersama. Bahkan tiga hari sebelum kami berangkat, ada enam pemain yang klubnya menang di kompetisi Filipina belum bergabung dengan tim. Mereka memilih terlibat acara perayaan di kota asal dengan sejumlah pejabat lokal ketimbang berlatih dengan tim," kata Dooley.

"Dengan persiapan seperti itu, apa yang kami raih sekarang tentu bagus. Tapi tentu saja, kalau mau mempersiapkan tim dengan benar, harusnya bukan dengan cara seperti ini," sambung Dooley.

Filipina memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF 2014 setelah memetiki dua kemenangan. Mereka akan bertemu Vietnam pada laga terakhir. Apapun hasilnya, mereka tetap lolos.

*Laporan Erwin Fitriansyah dan Arief Bagus dari Hanoi, Vietnam.


Editor : Erwin Fitriansyah
Sumber : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X