Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alfred: Fisik Buruk, Taktik Apapun Tak Akan Mempan

By Aning Jati - Selasa, 25 November 2014 | 21:17 WIB
Pasukan Merah-Putih tertunduk lesu usai ditaklukkan Filipina 0-4.
Arief Bagus/Bolanews
Pasukan Merah-Putih tertunduk lesu usai ditaklukkan Filipina 0-4.

Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, mengaku terkejut dengan penampilan Filipina di pertandingan kedua Piala AFF 2014, Selasa (25/11).

Alfred tak menyangka penampilan Filipina begitu berubah bila dibandingkan kala mereka bersua Laos (22/11).

"Awalnya saya kira kondisi fisik Filipina tak jauh beda dengan kami, tetapi rupanya tidak. Pemain tetap kalah dua atau tiga langkah dari lawan," ujar Alfred.

Fisik lagi-lagi jadi kambing hitam pelatih asal Austria itu menyikapi kekalahan timnya. Lantaran kondisi fisik yang buruk, taktik termasuk pergantian pemain tak akan banyak membantu karena pemain akan selalu kalah.

"Pemain datang hanya beberapa hari sebelum pertandingan pertama. Kami bisa mengandalkan taktik untuk mengurangi kekurangan dalam hal fisik. Tapi, jika lawan yang dihadapi cukup kuat, sulit untuk berbuat banyak dan hasil inilah yang terjadi," ujar Alfred.

"Kalaupun saya mengganti lima pemain, tidak akan banyak berpengaruh karena pada dasarnya kondisi fisik mereka semua sama," ucapnya.

"Tekanan akan datang ke pemain dan mereka tidak akan bisa berpikir banyak. Mereka tetap punya keinginan dan semangat menang, namun karena tenaga sudah habis, mereka lebih memilih untuk membuang bola ke depan," arsitek timnas berusia 65 tahun itu.

*Laporan langsung Erwin Fitriansyah dan Arief Bagus Prasetiyo dari Hanoi, Vietnam.


Editor : Erwin Fitriansyah
Sumber : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X