Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Demi Target, Pemusatan Latihan di Tiga Lokasi

By Eko Widodo - Selasa, 10 Juni 2014 | 14:00 WIB
SSB ASAD akan berlatih serius di tiga lokasi demi perbaikan peringkat.
Danone
SSB ASAD akan berlatih serius di tiga lokasi demi perbaikan peringkat.

15 November. Asad sukses menjadi juara babak nasional setelah mengalahkan SSB Bledeg Biru Malang asal Jawa Timur melalui adu penalti dengan skor 2-1 (0-0).

Kemenangan itu bukanlah menjadi akhir perjuangan mereka. Setelah Lebaran, tepatnya medio Agustus, pasukan Asad akan menjalani pemusatan latihan di tiga lokasi berbeda di bawah arahan pelatih Persipura asal Brasil, Jacksen F. Tiago.

“Lokasi pertama di Purwakarta. Di sana mereka akan berlatih sekitar satu hingga dua minggu. Setelah itu mereka akan berpin­dah ke Kawasan Agrowi­sa­ta, Batu, Jatim, yakni tempat berlatih timnas U-19,” ungkap M. Anugerah, penanggung jawab DNC 2014.

Pemilihan Batu sebagai salah satu tempat pemusatan latihan agar Yadi Mulyadi dkk. terinspirasi kesuksesan Evan Dimas cs. Pasalnya, kawasan Batu identik dengan lokasi pelatnas timnas U-19. Diharapkan pemilihan tempat itu dapat menambah motivasi pemain untuk bersaing dengan perwakilan 31 tim negara lain.

Setelah dua minggu di Batu, tim tersebut akan terbang menuju Brasil untuk melanjutkan pemusatan latihan selama lima hari sebagai persiapan akhir menjelang turnamen. “Di sana mereka akan menjalani laga uji coba dengan tim lokal. Agenda itu sudah diatur oleh pelatih Jacksen,” ucap Anugerah.

Persiapan panjang itu di­la­kukan untuk mem­per­baiki peringkat dari tahun se­belum­nya. Pada keikutsertaan terakhir, wakil Indonesia, SSB Tugu Muda (Semarang), menduduki posisi kedelapan.

Jacksen optimistis bisa membawa Asad meraih prestasi yang lebih baik. “Bakat yang dimiliki pesepak bola Indonesia tidak kalah dibandingkan negara lain. Kini tinggal menemukan cara membina pemain dengan baik agar bisa tumbuh menja­di pemain hebat,” katanya.

Bagi Jacksen, membawa tim selevel SSB di suatu turnamen menjadi warna baru dalam kehidupannya. “Mungkin pengalaman saya melatih tim senior hanya sedikit membantu,” tutur Jacksen.


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Kukuh Wahyudi)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X