Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Begini Aktivitas Mendapatkan Lisensi A AFC

By Riemantono Harsojo - Selasa, 18 November 2014 | 20:17 WIB
FAS

Indonesia tidak memiliki banyak pelatih berlisensi A AFC. Bahkan pelatih juara ISL 2014 Persib, Djadjang Nurdjaman, baru mengantongi lisensi C AFC. Bagaimana cara untuk mendapatkan lisensi itu?

Selain harus lebih dulu mengantongi lisensi C AFC dan kemudian B AFC, seorang pelatih mesti menjalani proses yang memakan waktu setidaknya satu bulan guna menuntaskan kursus A AFC. Seperti apa kegiatan dalam mengikuti kursus A AFC?


Asisten pelatih Mitra Kukar, Rudy Eka Priyambada, yang sedang mengikuti kursus lisensi A AFC di Singapura, menuturkan bahwa kursus berlangsung pada 4 Oktober sampai 22 November.


"Yang utama kami membahas Football Science dan metodologi dalam melatih," kata Rudy Eka kepada BOLANEWS.

"Materi di kelas antara lain membahas taktik yang menjadi tren di Piala Dunia 2014 lalu." ucap Rudy Eka.

"Setiap pelatih menjalani ujian praktek individu sebanyak tiga kali," tutur Rudy Eka.


Dalam ujian praktek individu itu setiap peserta mempraktekkan kemampuan memimpin sebuah sesi latihan dengan materi tertentu. Dalam sesi ini pemain junior di Singapura menjadi anak asuh peserta kursus. Karena itu Rudy Eka mengatakan bahwa betapa pentingnya peserta kursus dapat menguasai bahasa Inggris secara aktif.


"Peserta juga melakoni ujian praktek kelompok sebanyak dua kali. Ada juga satu sesi interview tes. Peserta juga harus membuat presentasi berbentuk power point untuk tema yang dipilih, seperti sidang untuk mendapatkan gelar sarjana," ujar Rudy Eka.


Kursus A AFC di Singapura dipimpin oleh Morteza Mohases, instruktor asal Iran.


Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X