Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gareth Bale: Wales Bisa Cetak Sejarah

By Indra Citra Sena - Kamis, 13 November 2014 | 00:00 WIB
Gareth Bale, merasa timnya punya karakter kuat.
Michael Steele/Getty Images
Gareth Bale, merasa timnya punya karakter kuat.

Tim nasional Wales sesungguhnya bukanlah kesebelasan elit di dalam peta kekuatan sepak bola Eropa. Sejarah mencatat Wales belum pernah sekali pun meraih prestasi membanggakan di turnamen internasional.

Pencapaian terbaik tim berjulukan Y Dreigiau alias Si Naga menembus babak perempat final Piala Dunia 1958 dan Piala Eropa 1976. Selebihnya selalu terpuruk di babak kualifikasi karena gagal bersaing dengan tim-tim Eropa lain.

Keadaan ini coba diubah Wales di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Hingga matchday ke-3, pasukan Chris Coleman sukses menempati puncak klasemen sementara Grup B berkat raihan tujuh poin (2 menang, 1 imbang).

Optimisme pun merebak di kalangan pemain. Penyerang sayap, Gareth Bale, bahkan meyakini timnya bisa meneruskan tren positif dan mengantongi tiket lolos langsung ke babak utama Piala Eropa untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Wales memang pernah melaju hingga babak perempat final Piala Eropa 1976. Akan tetapi, waktu itu format kompetisi masih menggunakan sistem kandang-tandang. Babak utama terhutung mulai pertandingan semifinal sampai final.

“Saya benar-benar merasa yakin kami bisa lolos ke babak utama Piala Eropa 2016 di Prancis. Tidak hanya saya saja tapi seluruh pemain Wales merasakannya. Karakter yang diperlihatkan tim ini sangat terasa di ruang ganti,” kata Bale seperti dikutip dari Wales Online.

“Kebanyakan pemain sudah menyatu karena telah bermain bersama selama lima-enam tahun terakhir. Kami akan berupaya keras menggapai impian lolos ke Prancis sebab hal ini dapat menjadi pencapaian terbesar Wales,” ujar pemain Real Madrid itu.


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Wales Online


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X