Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Uruguay Tetap Perlu Suarez

By Theresia Simanjuntak - Rabu, 12 November 2014 | 21:16 WIB
Luis Suarez
MIGUEL ROJO/AFP
Luis Suarez

Uruguay punya dua laga uji coba terakhir sebelum tutup tahun. Usai menjamu perempat finalis Piala Dunia 2014, Kosta Rika (14/11), Uruguay bertandang ke sesama penghuni 16 besar PD Brasil, Cili (19/11).

Kosta Rika adalah lawan yang melibas Uruguay 3-1 di fase grup PD 2014.

Tabarez menyadari betul betapa krusial dua pertandingan esok, kendati cuma bertajuk persahabatan. Menurutnya, Kosta Rika dan Cili adalah ujian sesungguhnya akan kualitas tim.

"Saya akan mengambil penilaian yang penting lewat hasil melawan dua rival ini. Setiap pemain wajib memberikan segalanya demi hasil selama proses penilaian di setiap laga," kata arsitek berumur 67 tahun itu, seperti dilansir Tenfield.

Proses penilaian yang dimaksud Tabarez adalah dalam rangka persiapan menuju Copa America di Cili pada medio 2015.

Meskipun ajang tersebut masih lama, Tabarez memilih untuk bersiap-siap lebih awal. Pasalnya, ia kudu menemukan bomber haus gol mengingat Luis Suarez harus absen karena skorsing.

Striker milik Barcelona itu terikat hukuman larangan membela Uruguay sebanyak sembilan partai resmi setelah bersalah menggigit bahu bek Italia, Giorgio Chiellini, pada PD lalu. Suarez dipastikan melewatkan turnamen Copa America.

Meski begitu, mantan bintang Liverpool itu adalah salah satu dari 22 pemain yang dipanggil Tabarez untuk dua pertemuan esok.

"Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya masih menyertakan Luis. Dia tetap pemain sangat penting bagi tim. Hukuman itu tidak memengaruhi apapun. Selain itu, Suarez sangat berguna dalam mempersatukan para pemain," demikian alasan Tabarez mengenai pemanggilan Suarez.

Lantas, apakah Suarez bakal diturunkan?

"Luis akan bermain ketika kami membutuhkannya. Namun, untuk berbagai alasan, ia mungkin tidak beraksi melawan Kosta Rika," kata Tabarez.


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Theresia Simanjuntak)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X