Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Legenda Australia Sir Jack Brabham Tutup Usia

By Oka Akhsan M. - Senin, 19 Mei 2014 | 06:19 WIB
Sir Jack Brabham
Mark Thompson/Getty Images
Sir Jack Brabham

Legenda balap Australia, Sir Jack Brabham, tutup usia, Senin (19/5). Tiga kali juara dunia Formula 1 itu meninggal dunia dalam usia 88 tahun.

Brabham memulai karier balap di balapan dirt track Australian Speedway pada akhir 1940-an sebelum hijrah ke Inggris dan bergabung dengan Tim Cooper Racing. Bersama tim itulah ia memenangi titel lomba jet darat 1959 dan 1960.

Namun, yang paling diingat dari Brabham adalah gelar juara dunia pada 1966. Ia meraihnya dengan mobil balap Brabham yang didesain dan dirakit sendiri olehnya bersama sang kompatriot, Ron Tauranac.

Hingga saat ini, cuma Brabham yang bisa memenangi titel juara dunia F1 dengan mobil sendiri.

Brabham lahir dengan nama lengkap John Arthur Brabham pada 2 April 1926. Ia akrab disapa Jack dan belakangan memilih nama julukan Black Jack.

Brabham meninggalkan istri keduanya, Lady Margaret, dan anak dari istri pertama Betty, yaitu Geoff, Gary, dan David yang juga berkarier di dunia balap.

Dua cucu Brabham juga mengikuti jejak sang kakek. Anak Geoff, Matthew, saat ini berkompetisi di balapan Indy Lights di AS dan memenangi balapan pertama Mei pada awal bulan. Buah hati David, Sam, berkompetisi di Kejuaraan Formula Ford di Inggris.


Editor : Oka Akhsan M.
Sumber : the age.com.au


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X