Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zamorano: Clasico Bukan Sekedar Pertandingan

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 25 Oktober 2014 | 17:13 WIB
Ivan Zamorano
Tullio M. Puglia/Getty Images
Ivan Zamorano

Mantan striker Real Madrid, Ivan Zamorano, yang pernah merasakan panasnya persaingan El Clasico, menilai bahwa laga ini bukan hanya sekedar pertandingan sepak bola. Harga diri dan isu politik, terutama saat ini, membuat tensi laga tersebut dipastikan akan semakin tinggi.

Barcelona yang saat ini menguasai klasemen La Liga tanpa pernah kalah dan juga kebobolan, akan berusaha untuk terus mempertahankannya. Namun, Real Madrid tentu akan merasa sakit hati bila mereka gagal menghempaskan rekor dan poin Blaugrana di Santiago Bernabeu.

Terlebih, adanya isu mengenai rencana memerdekakan diri Catalunya yang tentu sangat ditentang oleh pemimpin negara di ibu kota akan ikut memanaskan pertandingan ini.

"Hal pertama yang Anda pelajari adalah bahwa ini adalah pertandingan yang harus dimenangkan dan memahami bahwa ini lebih dari sekedar perjuangan di antara dua tim sepak bola," kata Zamorano kepada AS.

"Ini adalah pertarungan antara para pemain, dengan isu-isu sosial dan politik dari ibu kota untuk menentang kemerdekaan. Ini adalah jenis pertandingan yang akan memotivasi Anda. Saya cukup beruntung bisa bermain dalam pertandingan ini dan mencetak gol penting."

Meski sudah meninggalkan Madrid sejak 1996 menuju Internazionale, namun Zamorano mengaku kenangan El Clasico masih membekas secara nyata, baik secara ingatan maupun dalam bentuk fisik. Salah satunya adalah bekas luka pada tubuhnya akibat kerasnya laga El Clasico.

"Saya punya bekas luka dari pertempuran saya di Clasico. Miguel Angel Nadal menendang saya dan meninggalkan bekas (di pahanya) di Camp Nou, tapi itulah apa yang bisa saja terjadi di El Clasico," lanjutnya.


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : AS


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X