Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain Persija Mencari Agenda Masing-masing

By Kukuh Wahyudi - Selasa, 14 Oktober 2014 | 22:28 WIB
Rachmat Afandi
Fernando Randy/Bolanews
Rachmat Afandi

masing. Padahal, kontrak mereka dengan manajemen Macan Kemayoran masih tertera hingga November atau Januari.

Persija memang memberi kebebasan pada setiap pemain untuk mengisi waktu kosong sampai ada kejelasan untuk musim depan. Hingga saat ini manajemen belum memutuskan siapa saja pemain yang dipertahankan atau dilepas.

Duo pemain muda Persija, Dani Saputra dan Ramdani Lestaluhu, memenuhi panggilan timnas senior di pelatnas tahap akhir menjelang Piala AFF 2014. Mereka sudah tergabung di pelatnas sejak Jumat (10/10).

Dua nama yang masih menginginkan bertahan di Persija itu beruntung karena mendapatkan program latihan untuk terus menjaga kebugaran tubuh.

Sementara itu, pemain lain harus pintar-pintar menjaga diri sendiri agar kebugaran fisik tidak tergerus. Striker Persija, Rachmat Afandi, memiliki agenda khusus dalam mempertahankan stamina tubuhnya.

"Waktu kosong ini sebenarnya lebih banyak saya habiskan di rumah bersama keluarga. Tapi, saya mempunyai jadwal khusus untuk bermain sepak bola. Setiap Selasa dan Jumat sore saya menyempatkan waktu untuk bermain," ucapnya.

Selain itu, mantan pemain Persebaya, Arema, dan Persib tersebut, mempunyai rutinitas lain. "Saya sebenarnya juga selalu menyempatkan bermain futsal. Tapi, jadwalnya tidak rutin. Biasanya saya lakukan pada malam hari. Program lain agar kebugaran terus terjaga adalah fitnes setiap hari. Beruntung karena lokasi fitnes dekat dengan rumah saya, Kedoya," ucap jebolan timnas U-16 pada 2000 itu.

Kegiatan serupa dilakukan oleh Amarzukih. Pemain yang kerap dipasang sebagai bek dan gelandang bertahan itu mengisi waktu kosong dengan tetap berolah raga.

"Saya masih sering bermain sepak bola setiap pekan. Namun, memang tidak ada jadwal khusus. Kadang Jumat, Sabtu, atau Minggu," ujar eks Persitara itu.

Dua pemain asli Jakarta itu enggan bila mengisi waktu dengan bermain di turnamen sepak bola antar kampung yang umum dilakukan pesepak bola profesional lain. "Sempat ditawarkan main tarkam, tetapi lokasinya jauh. Jadi saya enggan ikut ambil bagian," ucap Rachmat.

Keputusan berbeda diambil Egi Melgiansyah yang sempat tampil dalam tarkam di daerah Bogor, Jawa Barat. Lain lagi yang dilakukan pemain senior Persija, Ismed Sofyan. Ia mimilih pulang kampung ke Aceh sambil menunggu kejelasan manajemen terkait nasib pemain.


Editor : Kukuh Wahyudi
Sumber : Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X