Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kenapa Atletico Rayakan Ulang Tahun AU Spanyol?

By Suryo Wahono - Senin, 20 Oktober 2014 | 21:44 WIB
Salah satu penerjun payung di laga Atletico
Angel Rivero (Marca)
Salah satu penerjun payung di laga Atletico

Pada Minggu (19/10), Atletico Madrid menjamu Espanyol di Vicente Calderon. Sebelum laga tersebut, mereka juga merayakan ulang tahun Angkatan Udara Spanyol. Loh, apa hubungannya?

Ketika pertama didirikan pada 1903, Atletico Madrid masih memakai nama lama Athletic Club de Madrid. Pada 1939, nama mereka berubah menjadi Athletic Aviacion de Madrid.

Tambahan kata Aviacion, yang dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan penerbangan, diberikan karena pada saat itu Atletico baru digabung dengan klub lain, Aviacion Nacional of Zaragoza. 

Ketika itu, La Liga baru dimulai lagi setelah Spanyol mengakhiri Perang Saudara. Aviacion Nacional ialah tim yang didirikan oleh tentara Angkatan Udara Spanyol. 

Klub ini digabung bareng Athletic Club yang kehilang-an delapan personel di skuat akibat Perang Saudara. Dua musim pertama dua klub ini digabung, mereka sanggup meraih titel La Liga di dua musim berturut: 1939/40 dan 1940/41. 

Penggunaan nama tadi bertahan sampai 1947. Sejak saat itu, tim menggunakan Club Atletico de Madrid sampai saat ini.

Minggu (19/10), Atletico Madrid menjamu Espanyol di Vicente Calderon. Laga ini juga menandai 75 tahun sejak penggabungan Athletic dan Aviacion, serta perayaan titel pertama mereka, dan ulang tahun Angkatan Udara Spanyol.

Sebagai penghormatan, beberapa menit sebelum laga dihelat, ada atraksi khusus dari Angkatan Udara Negeri Matador. Tiga orang tentara penerjun payung turun ke lapangan dengan membawa bendera Atletico, Espanyol, dan Spanyol.


Editor : Rizki Indra Sofa
Sumber : Marca


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X