Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub-klub Premier League Mesti Tiru Southampton

By Rabu, 8 Oktober 2014 | 13:23 WIB
Gareth Bale, salah satu jebolan terbaik akademi Soton
Matthew Lewis/Getty Images
Gareth Bale, salah satu jebolan terbaik akademi Soton

Pada bursa transfer musim panas lalu, Southampton melego tiga jebolan akademinya dengan harga mahal.

Trio pemain itu adalah Luke Shaw (33 juta pound/ke Man. United), Adam Lallana (27,28/Liverpool), dan Calum Chambers (17,80/Arsenal). Fenomena ini sudah cukup untuk menjelaskan betapa tingginya apresiasi klub-klub EPL terhadap lulusan akademi Soton.

Tim yang berkandang di St Mary’s itu seolah tak pernah kekeringan talenta potensial. Sebelum Lallana cs., akademi Soton sudah lebih dulu menetaskan nama-nama besar seperti Alan Shearer, Gareth Bale, atau Theo Walcott.
Akademi Soton yang berlokasi di Marchwood, kerap disebut sebagai salah satu yang terbaik di seantero Inggris, baik dari segi fasilitas maupun kurikulum yang dipakai.

Anggapan itu kian sahih jika  menilik nama-nama pemain di bawah usia 21 tahun yang tergabung dalam skuat utama tim-tim EPL 2014/15 di pekan ketujuh. Dari 18 nama, lima diantaranya adalah lulusan akademi Soton yaitu Chambers, Alex-Oxlade Chamberlain (Arsenal) serta Harison Reed, Jason McCarthy, dan Matt Targett (Southampton).

“Bagaimana bisa Southampton terus menerus memproduksi pemain-pemain berkualitas di saat klub-klub besar kesulitan untuk melakukannya? Jawabannya adalah mereka selalu memberikan kesempatan kepada pemain muda,” kata Shearer, sosok pengoleksi 43 gol bagi Soton di semua ajang kepada BBC.

“Uang yang diperoleh Southampton datang dari akademi mereka. Sebuah model yang harus dicontoh klub-klub lain,” imbuh Shearer.


Editor :
Sumber : BBC, Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X