Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Munir Haddadi Bisa Belajar dari Messi dan Neymar

By Suryo Wahono - Kamis, 9 Oktober 2014 | 19:15 WIB
Munir El Haddadi, bintang muda di tengah para bintang senior.
Getty Images
Munir El Haddadi, bintang muda di tengah para bintang senior.

Munir El Haddadi, striker muda Barcelona, akhirnya menemukan tempatnya dalam tim. Pemain berumur 19 tahun itu telah menunjukkan bahwa dia siap memainkan peran penting serta memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi bintang masa depan.

Namun, Meski diakui punya bakat luar biasa, Munir masih sangat muda dan masih perlu banyak belajar. Untungnya, dia bisa berlatih tiap hari bersama pemain-pemain macam Lionel Messi dan Neymar, sebuah kondisi yang tampaknya ideal bagi berkembangnya seorang bintang profesional muda.

Untuk saat ini, Munir perlu mengambil tiap kesempatan untuk belajar dari Messi dan Neymar.

Messi boleh dibilang salah satu bintang sepak bola terbesar sepanjang masa. Dia punya etos kerja kuat dan selalu mencari cara untuk meningkatkan dirinya sendiri. Latihan bersama andalan Timnas Argentina itu bisa membawa dampak besar bagi kemajuan Munir, terutama soal cara Messi berlatih.

Belajar dari Messi soal cara mempersiapkan diri untuk sebuah pertandingan akan sangat membantu Munir. Dia bisa pula belajar tentang pentingnya hal-hal di luar pertandingan. Dia akan mendapat kesempatan untuk melihat bagaimana sang senior menangani kehidupannya sehari-hari, yang kebijaksanaannya bisa dia tiru dan amalkan.

Lalu ada Neymar, salah satu penyerang paling berbahaya dan dianggap sebagai pahlawan nasional.

Talenta hanyalah modal dan Munir punya itu. Belajar dari Neymar, yang usianya juga tak jauh berbeda, bisa membantu Munir memahami bagaimana menangani sorotan dunia sebagai seorang bintang remaja.

Sejauh ini Munir tampaknya belum menemui banyak kesulitan dalam kehidupan kariernya. Dia bisa dibilang selalu menampilkan yang terbaik di setiap pertandingan. Namun, momen-momen sulit bisa menghadang tiap saat dan dia mesti belajar untuk melewatinya dengan memberi respons secara tepat. Dia bisa belajar hal itu dari Neymar dan Messi.

Soal kehidupan di lapangan, Munir bisa mendapat pengetahuan tentang ritme. Dia bisa belajar kapan Messi dan Neymar menyalakan 'mesin' dan melaju kencang, kapan mereka harus santai, bagaimana seorang pemain bisa tetap rileks walau dalam tekanan, dan sebaginya.

Berlatih dan bermain bersama Messi dan Neymar adalah suatu keberuntungan luar biasa bagi Munir. Dia bisa belajar betapa pentingnya bersedia berkorban agar membuat yang lain terlihat baik, tidak egois. Sepanjang karier Messi, dia mampu mengangkat moral rekan setim dengan cara yang luar biasa dan bijaksana. Munir bisa belajar kapan untuk mengoper dan kapan harus mengambil dan membawa bola sendiri.

Sepanjang Munir datang pusat latihan setiap hari dengan kerendahan hati dan kesediaan untuk belajar, dia bisa terus mengingkatkan kualitas sebagai pemain dan sebagai pribadi. Dia dikelilingi guru-guru terbaik dan dalam lingkungan yang bisa dibilang terbaik yang bisa diimpikan tiap striker muda.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : BR


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X