Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

7 Anggota Badan David De Gea Dalam Menjaga Gawang

By Suryo Wahono - Rabu, 8 Oktober 2014 | 13:37 WIB
David De Gea, menyelamatkan gawang dengan tujuh anggota badan.
Getty Images
David De Gea, menyelamatkan gawang dengan tujuh anggota badan.

Selama di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, David de Gea pernah terpilih sebagai Player of the Month sebanyak empat kali oleh para penggemar Manchester United. Jumlah itu melebihi pemain lainnya selama periode yang sama.

Ketika itu Ferguson masih mencoba formula di barisan belakang dan De Gea perlu menyesuaikan diri. Totalnya ada 36 kombinasi empat bek yang berbeda. Yang paling umum dipakai adalah Rafael, Jonny Evans, Rio Ferdinand, dan Patrice Evra. Sementara itu, Phil Jones, Chris Smalling, dan Nemanja Vidic menjadi bahan campuran kombinasi tersebut.

Selama eksperimen itu, De Gea telah mencatatkan rekor penyelamatan tersendiri lewat beberapa anggota badannya. Berikut ini beberapa di antaranya:

Tangan Kanan

Pada bulan Agustus 2012, Leighton Baines mengeksekusi tendangan bebas di sudut jauh atas gawang. Di Piala Liga, Fernando Torres mengarahkan sundulan ke gawang dan de Gea berhasil menangkisnya.

Pada bulan Februari, tembakan John Arne Riise bisa masuk kalau saja tangan De Gea tak membloknya. Dalam pertandingan melawan Aston Villa, di mana United merebut gelar, tendangan jarak jauh Karim El Ahmadi juga dibelokkan menjauh.

Tangan Kiri

Pada Januari 2013, De Gea menggunakan tangan kiri untuk memblok tendangan Rickie Lambert (Southampton) hasil tendangan bebas.

Setelah itu pada bulan Maret ketika United ke Bernabeu, De Gea tampil gemilang di bawah mistar gawang. Dia tak mampu mencegah sundulan Cristiano Ronaldo, tapi tangan kirinya membendung tembakan Fabio Coentrao.

Kaki Kanan

De Gea telah membuat banyak penyelamatan dengan kaki kanan. Dua yang menonjol adalah aksi akrobatik setinggi dada untuk membatalkan sepakan Fabio Coentrao di Bernabeu dan satu lagi dari Juan Mata di akhir laga Piala FA di Old Trafford. Mata kemudian mengomentari:

"Saya hampir bisa melihat bola masuk ke gawang, tapi David menghentikannya. Penyelamatan luar biasa!"

Kaki Kiri

Dalam laga Januari 2013 melawan Tottenham di White Hart Lane, De Gea ditipu oleh tendangan memantul Gareth Bale pada babak pertama, tetapi kaki kirinya berhasil menghalau bola.

Lutut Kanan

Juga dalam pertandingan di Tottenham, Clint Dempsey sudah dalam posisi bebas. Namun, mantan kiper Atletico Madrid melakukan penyelamatan heroik dengan lututnya untuk menahan tembakan dari jarak sekitar sepuluh meter.

Bahu Kiri

Dalam derby Manchester di Etihad, David Vila mencoba mengalahkan De Gea dari sudut sempit. Silva hampir saja berhasil meloloskan bola, tapi bahunya ikut menyelamatkan gawang.

Wajah

Pada bulan Oktober 2011, Jack Rodwell masih bermain untuk Everton. David De Gea menggunakan wajahnya untuk menghentikan tembakan Rodwell, walau kemungkinan besar itu tak disengaja.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Soccerlens


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X