Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rasis, Presiden FIGC Disanksi UEFA

By Aning Jati - Selasa, 7 Oktober 2014 | 23:22 WIB
Carlo Tavecchio disanksi UEFA.
Paulo Bruno/Getty Images
Carlo Tavecchio disanksi UEFA.

Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio, dihukum UEFA akibat komentar rasis yang dilontarkannya beberapa waktu lalu.

Tavecchio, yang menjabat presiden FIGC sejak Agustus, sudah diincar UEFA karena diduga melontarkan pernyataan bernada rasisme dalam salah satu pidatonya ketika berkampanye.

Ketika itu pria berusia 71 tahun itu mengulik pemain nonUni Eropa yang bermain di Italia. Ia menggunakan contoh yang tidak pas saat berusaha menjelaskan opininya mengenai keberadaan pemain nonUni Eropa di Italia.

Tavecchio menyadari ucapannya itu berbau rasisme dan meminta maaf tak lama kemudian. Namun, UEFA yang sedang memerangi rasisme tidak tinggal diam dengan tetap menjatuhkan sanksi enam bulan larangan beraktivitas dan menggunakan hak sebagai pejabat UEFA bagi Tavecchio.

"Anda tidak akan berkomentar mengenai keputusan ini. Anda mematuhi dan menghormatinya. Akan tetapi, keputusan itu tidak akan mengubah apapun terkait posisi saya di FIGC," kata Tavecchio dikutip di Bleacher Report.

Salah satu dampak sanksi itu, Tavecchio dipastikan tidak akan bisa ikut serta dalam kongres UEFA, Maret 2015.


Editor : Aning Jati
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X