Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Inilah Alasan Klub EPL Agresif di Bursa Transfer

By Rabu, 3 September 2014 | 16:44 WIB
Angel Di Maria, pemain termahal Premier League
Clive Brunskill/Getty Images
Angel Di Maria, pemain termahal Premier League

klub Premier League begitu royal dalam menghamburkan uang di bursa transfer musim panas ini.

Secara total, tim-tim EPL pada musim ini menggunakan dana sebesar 835 juta pound untuk membeli pemain baru. Angka pengeluaran itu adalah yang terbesar di sepanjang sejarah EPL.

Terdapat sejumlah faktor kenapa rekor transfer EPL kembali pecah pada musim ini. Pergelaraan Piala Dunia 2014 adalah salah satunya. Harga pemain-pemain yang tampil bagus di Piala Dunia biasanya akan langsung melesat begitu turnamen usai.  

Namun, menurut Dan Jones, seorang rekanan dari Deloitte Sports Bussines Group, menyatakan bahwa faktor hak siar memberikan dampak lebih signifikan ketimbang Piala Dunia.

Bayangkan, tim yang terdegradasi musim lalu saja, Cardiff, sanggup mengumpulkan pemasukan total sebesar 62,082 juta pound. Jumlah itu lebih banyak 1,2 juta ketimbang Man. United kala menjadi kampiun EPL 2012/13!

Setiap klub bakal menerima 750 ribu pound saban partai mereka disiarkan secara langsung. Minimal, sebuah klub mendapatkan jatah siaran langsung sebanyak 10 kali per musim.

Dari situ saja, klub sudah mencaplok pemasukan sebesar 7,5 juta pound. Kas klub bakal menggemuk sebab EPL membagi secara rata kue keuntungan hak siar. Musim lalu setiap tim menerima 52,2 juta pound. Alhasil, dari hak siar saja, sebuah tim di EPL sanggup mengeruk uang sebesar 59,7 juta pound. Tak heran jika kemudian klub-klub EPL bisa bermanuver dengan leluasa di bursa transfer musim panas ini.


Editor :
Sumber : BBC, Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X