Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ramos, Bek Algojo Penalti Pertama Spanyol Abad Ini

By Rizki Indra Sofa - Rabu, 10 September 2014 | 22:17 WIB
Sergio Ramos mencungkil bola saat menendang penalti
Getty Images
Sergio Ramos mencungkil bola saat menendang penalti

Sergio Ramos membuka pesta lima gol Spanyol ke gawang Masedonia (8/9) dari titik penalti. Ramos kini tercatat sebagai bek Spanyol pertama yang mengonversi penalti menjadi gol di abad ini!

Bek terakhir yang melakukannya ialah Toni Munoz ke gawang Meksiko pada 27 Januari 1993. Laga itu berakhir 1-1. 

Tanpa eksekutor reguler La Furia Roja yang sudah pensiun, seperti Xabi Alonso, Xavi Hernandez, dan David Villa, Ramos ditunjuk sebagai algojo. Pelatih Vicente del Bosque sebetulnya memiliki eksekutor lain dalam diri Cesc Fabregas atau Koke. Untuk saat ini, sepertinya kepercayaan menjadi milik Ramos. 

Ia melakukannya secara sempurna dengan tendangan panenka alias mencungkil bola ke tengah gawang agar kiper lawan bisa terkecoh. Ia sudah pernah melakukan ekseskusi yang sama beberapa kali. 

Salah satunya ke gawang Portugal di adu penalti babak semifinal Euro 2012. Ia bisa mengecoh Rui Patricio. Saat itu Ramos memang sudah merencanakannya. Kali ini, ia mengaku hanya bereaksi atas gerakan kiper. 

“Saya sama sekali tidak berencana untuk menendang ala panenka. Saya melihat kiper bergerak dan langsung refleks melakukannya,” kata Ramos seperti dilansir oleh Marca.


Editor : Rizki Indra Sofa
Sumber : Marca


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X