Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kasus Agu Casmir: Persebaya Pakai Pemain Tak Sah?

By Editor Eko Widodo - Minggu, 9 Maret 2014 | 19:00 WIB
Agu Casmir (kiri) menimbulkan masalah.
Peksi Cahyo/BOLA
Agu Casmir (kiri) menimbulkan masalah.

Laga Persebaya kontra Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (1/2), ternyata masih meninggalkan sejumlah tanda tanya. Tidak hanya perihal penalti kontroversial yang diberikan wasit Dodi Setia Purnama kepada tuan rumah dan handball Ambrizal yang luput dari pengamatan wasit, belakangan muncul kabar Persebaya memakai pemain tak sah saat menjamu Tim Naga Mekes.

Agu Casmir kembali menjadi subjek lantaran keberadaannya di bangku cadangan saat pertandingan melawan Mitra menyalahi regulasi LSI pasal 36 ayat 5, yakni setiap klub hanya dapat memasukkan tiga pemain asing dalam formulir pertandingan.

Kala itu, Persebaya memasukkan tiga pemain asing, yakni OK Jhon, Patrice Nzekou, dan Emanuel Kenmogne dalam daftar pemain starter. Agu ditempatkan dalam daftar pemain cadangan. Jika mengacu pada regulasi pasal 32 ayat 2f, Agu dinyatakan sebagai pemain tak sah.
Persebaya menolak tudingan diperkuat pemain tidak sah karena persoalan itu terjadi akibat pernyataan pengawas pertandingan (PP) Agus Sunarjaji.

Dalam pertemuan teknik Agus mengatakan setiap tim menurunkan tiga pemain asing dan satu pemain asing (bagi klub yang memiliki empat pemain asing) diperbolehkan diposisikan sebagai cadangan. Dengan catatan, pemain asing cadangan itu hanya bisa meng­gantikan sesama pemain impor, bukan pemain lokal.

“Kami tanyakan masalah ini ke pengawas pertandingan. Setelah mendapat jawaban seperti itu, kami memasukkan Agu sebagai pemain cadangan. Bahkan, ada perwakilan Mitra Kukar dalam pertemuan teknik,” ujar Tony Ho, asisten pelatih Persebaya, yang hadir dalam pertemuan teknik.

Tony menambahkan, sesaat sebelum sepak mula, Agu sudah keluar dari bangku cadangan setelah PP menyampaikan regulasi dari PT LI yang ia terima beberapa jam sebelum pertandingan.

“Kami diberi tahu PP hanya beberapa menit sebelum pertandingan berlangsung. Agu lantas kami minta keluar dari bench menuju tribun penonton. Namanya juga dicoret dari daftar pemain cadangan, tapi entah bagaimana nama Agu masih tercatat di situs Liga Indonesia,” ucap Tony.

Regulasi LSI 2014
Pasal 32
Ayat 2f: Pemain asing ke-4 dalam sebuah pertandingan.
Pasal 36
Ayat 5: Setiap klub hanya dapat memasukkan tiga pemain asing dalam formulir pertandingan.
Pasal 41
Ayat 5: Klub yang terbukti menggunakan pemain tidak sah akan dikenakan sanksi: a). Gol kekalahan ditambah tiga gol minus; b). Kemenangan ataupun hasil imbang dibatalkan dan dinyatakan kalah 0-3; c). Jumlah nilai kemenangan yang telah diperoleh dikurangi 3.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Fahrizal Arnas, Aning Jati




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X