Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persipura Tim Indonesia Pertama ke Semifinal Asia

By Riemantono Harsojo - Selasa, 26 Agustus 2014 | 15:57 WIB
Herka Yanis-BOLANEWS

4 pada Selasa, 26 Agustus 2014. Kesuksesan tersebut mengantar Persipura menjadi tim pertama Indonesia yang mencapai babak semifinal era baru kejuaraan antarklub Asia.

Sebelum tim Persipura musim 2014, tiga tim pernah berjuang menerobos empat besar Piala AFC, namun selalu gagal di babak perempat final. Percobaan pertama dilakukan Persipura di musim 2014. Mutiara Hitam mentok di tangan klub Irak, Arbil, dengan agregat 1-3.


Pada Piala AFC 2012, giliran Arema yang masuk delapan besar. Namun, tim asuhan pelatih Antonic Dejan itu dikalahkan klub Arab Saudi, Al Ettifaq, dengan agregat 0-4. Pada Piala AFC 2013, Semen Padang menyerah dari klub India, East Bengal, dengan agregat 1-2.


Baru di Piala AFC wakil-wakil Indonesia bisa melangkah cukup jauh. Sementara itu, di kompetisi antarklub terwahid di Asia, Liga Champion, klub-klub Indonesia belum pernah ada yang dapat melewati fase grup sejak kompetisi tersebut menerapkan format baru pada musim 2002/03.


Pada era lama kejuaraan antarklub Asia, dua klub Indonesia pernah masuk semifinal. Pelita Jaya menerobos empat besar di Piala Champion 1990/91, saat putaran delapan besarnya dimainkan di Bangladesh. Sementara itu, klub yang bermarkas di Palembang, Krama Yudha Tiga Berlian, masuk semifinal Piala Champion musim 1986. Dalam putaran final di Arab Saudi, Krama Yudha Tiga Berlian akhirnya menempati peringkat ketiga.


Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X