Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fanatisme Fan Bikin Barcelona Kaya Raya

By Kamis, 21 Agustus 2014 | 19:59 WIB
Xavier Asensi I Brufau, Managing Director Barcelona di kawasan Asia-Pasifik
Herka Yanis/BOLA
Xavier Asensi I Brufau, Managing Director Barcelona di kawasan Asia-Pasifik

Kendati memiliki La Masia yang tak pernah berhenti mencetak pemain berkualitas, dari musim ke musim Barcelona selalu membeli mega bintang dari klub lain.

Thierry Henry, Zlatan Ibrahimovic, Neymar, dan yang teranyar Luis Suarez adalah sejumlah nama yang didatangkan Barca ke Camp Nou dengan biaya selangit. Namun, manajemen Blaugrana seolah enteng-enteng saja menghamburkan banyak uang untuk menghadirkan bintang.

Sebenarnya sikap tersebut cukup masuk akal. Sejak 2007, Barca selalu masuk dalam 10 besar klub sepak bola terkaya versi Forbes.

Managing Director Barcelona di kawasan Asia-Pasifik, Xavier Asensi I Brufau memaparkan kunci sukses Blaugrana mengembangkan diri sebagai entitas bisnis yang mendunia.

“Fan adalah yang paling penting. Sumber pemasukan kami berasal dari tiga sektor yaitu hak siar televisi, match day, dan aktivitas pemasaran. Semakin banyak fan Anda di stadion atau televisi, kian banyak pula perusahaan yang mau bekerjasama. Namun, semuanya berawal dari atas lapangan. Jika tidak ada permainan dan hasil bagus,  Anda tak akan mendapatkan apa-apa,” katanya.


Editor :
Sumber : Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X