Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

25 Tahun Lalu Mustaqim Bikin Hattrick No.1 di SEAG

By Riemantono Harsojo - Kamis, 21 Agustus 2014 | 12:38 WIB
Salah satu reaksi Mustaqim dalam pertandingan di SEA Games 1989.
Dokumentasi BOLA
Salah satu reaksi Mustaqim dalam pertandingan di SEA Games 1989.

Timnas Indonesia ternyata membutuhkan waktu 12 tahun atau tujuh SEA Games untuk memiliki pemain yang mencetak hattrick dalam satu laga di SEA Games. Hattrick itu tercipta tepat pada 25 tahun lalu: 21 Agustus 1989.

Pencetak hattrick pertama timnas di arena SEA Games adalah Mustaqim, penyerang asal Persebaya Surabaya. Pria yang kini menjadi asisten pelatih timnas U-23 itu bikin tiga gol pada pertandingan pertama timnas di SEA Games Kuala Lumpur 1989 melawan Brunei Darussalam pada 21 Agustus 1989 di Stadion Cheras, Kuala Lumpur.


Dalam pertandingan tersebut timnas asuhan pelatih M Basri-Iswadi Idris-Abdul Kadir (Basiska) menang telak 6-0. Mustaqim mencetak trigol dalam waktu 13 menit. Ia bikin gol pada menit ke-30, 33, dan 43. Tiga gol lain timnas dibuat oleh penyerang sayap I Made Pasek Wijaya (56', 87') dan bek sayap Jaya Hartono (58').


Kemenangan 6-0 atas Brunei tersebut sempat menjadi kemenangan dengan skor terbesar buat timnas di ajang SEA Games. Sekarang rekor kemenangan tertelak timnas di SEA Games adalah 10-0 atas Kamboja di SEA Games Chiang Mai 1995.


Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X