Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kasus Keputusan Wasit: Saat Sang Pengadil Disorot

By Editor Eko Widodo - Senin, 24 Februari 2014 | 14:15 WIB
Ilustrasi kepemimpinan wasit di lapangan.
Erly Bahtiar/BOLA
Ilustrasi kepemimpinan wasit di lapangan.

Empat wasit dan satu asisten wasit sudah mendapat sanksi dari Komite Wasit PSSI setelah dinilai melakukan kesalahan saat memimpin pertandingan. Hukuman itu juga menjadi jawaban atas keluhan klub perihal kinerja korps baju hitam di LSI 2014 yang baru memasuki pekan ketiga.

Tiga klub, yakni Mitra Kukar, Pelita Bandung Raya, dan Persiba Balikpapan terang-terangan menyoroti kepemimpinan wasit yang dianggap merugikan tim mereka.

Kasus yang menimpa ketiga klub itu serupa, yakni mendapat hukuman penalti dan sejumlah keputusan lain. Khusus Persiba Balikpapan, keluhan bertambah dengan insiden pemukulan Dominggus Fakdawer terhadap Fernando Soler saat Tim Beruang Madu melawat ke Stadion Mandala, Jayapura (20/2).

Atas kinerja wasit yang dianggap merugikan, Persiba Balikpapan sudah mengirimkan nota protes resmi kepada Komisi Wasit dan PT LI.

“Kami sampaikan melalui faks dan surat elektronik pada Kamis (20/2) malam. Isi protes berupa kinerja wasit yang buruk. Hanya memberikan kartu kuning untuk kasus pemukulan dan untuk keputusan hukuman penalti,” kata Faisal Jamal, Asisten Manajer Persiba.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Aning Jati, Kukuh Wahyudi, NF-1




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X