Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Manchester United: Van Gaal Patenkan Pola 3-5-2

By Eko Widodo - Selasa, 29 Juli 2014 | 09:59 WIB
Louis Van Gaal, samakan pola dengan timnas Belanda di United.
Getty Images
Louis Van Gaal, samakan pola dengan timnas Belanda di United.

teki formasi Manchester United di musim 2014/15 telah terjawab tuntas. Pelatih Louis van Gaal mengumumkan bahwa Iblis Merah bakal menerapkan pola 3-5-2, yang mirip dengan tim nasional Belanda di Piala Dunia 2014.

Formasi ini digunakan Van Gaal dalam ajang Chevrolet Cup menghadapi LA Galaxy di Stadion Rose Bowl, Pasadena, Rabu (23/7). Hasilnya, United mampu tampil impresif dan menang dengan skor telak 7-0.

“Hari ini kami memperkenalkan sebuah sistem baru yang hanya pernah diterapkan dua kali di sesi latihan 11 versus 11. Akan tetapi, para pemain mampu merespons secara cepat. Sangat fantastis melihat sistem kami berjalan baik dalam pertandingan sebenarnya,” kata Van Gaal seperti dilansir Daily Mail.

“Sejujurnya, saya tidak menyangka United bisa meraih kemenangan telak. Bayangkan saja, pekan lalu, 10 pemain yang saya turunkan di pertandingan ini belum tiba di kompleks latihan. Saya dikejutkan oleh performa mereka,” ujar pelatih berusia 62 tahun itu.

Meski telah mematenkan pola 3-5-2, Van Gaal tetap membuka kemungkinan mengubah formasi di tengah-tengah laga. Dia juga tidak mempermasalahkan apabila keadaan memaksanya mengembalikan pakem ke 4-3-3.

“Saya bisa mengubah kembali sistem menjadi 4-3-3 jika memang diperlukan. Dengan jajaran pemain berkualitas yang ada di dalam skuat, saya pikir United memiliki kapasitas untuk memainkan dua pola berbeda dalam satu pertandingan,” tutur dia.
 
Pola 3-5-2 sesungguhnya merupakan hal yang baru bagi fan United. Selama ini, mereka terbiasa menyaksikan tim kesayangannya menggunakan formasi 4-4-2 dan 4-3-3. Umumnya, para fan cenderung mengkritik perubahan yang terjadi. Namun, melihat hasil cemerlang kontra LA Galaxy, tampaknya mereka akan menerima keputusan Van Gaal.


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Indra Citra Sena)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X