Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Manchester United Bakal Dipenuhi Model Latihan 5:3

By Riemantono Harsojo - Kamis, 10 Juli 2014 | 23:02 WIB
Louis van Gaal mengawasi Robin van Persie dalam sesi latihan timnas Belanda di Brasil.
AFP
Louis van Gaal mengawasi Robin van Persie dalam sesi latihan timnas Belanda di Brasil.

metode latihannya, termasuk 5:3.

Selama menangani timnas Belanda dan sepanjang kariernya sebagai pelatih, Louis van Gaal dikenal sebagai pelatih yang gemar menerapkan model latihan 5:3 dalam sesi-sesi latihan. Model latihan 5:3 bisa juga disebut latihan permainan lima lawan tiga.


Ada alasan kenapa Louis van Gaal senang menerapkan model latihan 5:3. Mantan pelatih Ajax, Barcelona, dan Bayern Munich itu menyebutnya sebagai latihan "kemampuan berorientasi".


Seperti dikutip dari situs devoetbaltrainer, Louis van Gaal menyebut model latihan 5:3 berguna untuk mengasah orientasi pemain dalam situasi di pertandingan, seperti saat menghadapi beberapa lawan di ruang yang terbatas, bagaimana mampu bekerjasama dengan rekan setim secara tepat waktu di situasi penuh tekanan lawan di ruang terbatas.


Namun, menurut Louis van Gaal kemampuan berorientasi atau kemampuan membuat keputusan di saat-saat penuh tekanan tidak hanya soal saat si pemain menguasai bola. "Orientasi tidak hanya pada bola dan rekan setim, tetapi juga terhadap lawan," katanya.


Wayne Rooney dkk. harus siap-siap sering duduk di bangku cadangan jika di sesi latihan sering tidak bisa tampil bagus dalam 3:5 (latihan kemampuan berorientasi).


"Banyak pemain yang pada awalnya menyerah ketika menjalani latihan ini ketika mereka baru bergabung dengan Oranje (timnas Belanda)," sebut Louis van Gaal. "Jika Anda sering bermain 5:3, Anda akan secara alami menjadi lebih baik dan Anda akan lebih sering tampil di pertandingan," ucap Louis van Gaal.


Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : voetbal trainer


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X