Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Argentina Didenda Rp 400 Juta Akibat Banner

By Eko Widodo - Sabtu, 26 Juli 2014 | 20:11 WIB
Para pemain Argentina membawa spanduk yang dilarang.
Getty Images
Para pemain Argentina membawa spanduk yang dilarang.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memberikan denda sebesar 20 ribu pound (Rp 400 juta) kepada Federasi Sepak Bola Argentina. Denda itu diberikan karena membiarkan pemain Argentina memberikan dukungan via banner terhadap kepemilikan pulau Malvinas (Falkland).

Para pemain Argentina menunjukkan poster itu pada laga persahabatan melawan Slovenia, 7 Juni. Pada laga di La Plata itu, Argentina menang 2-0.

Spanduk itu berbunyi "Las Malvinas son Argentinas" yang bermakna Kepulauan Falkland adalah milik Argentina. Oleh FIFA, itu dianggap sebagai sebuah kesalahan karena mencampuradukkan politik dan olah raga. Inggris dan Argentina pernah berperang memperebutkan pulau itu.

Perang itu terjadi pada April-Juni 1982. Pertempuran itu membuat 655 tentara Argentina meninggal, sementara dari pihak Inggris 255 orang. Tiga warga Falkland juga meninggal dunia.

Inilah denda kedua yang diberikan FIFA kepada federasi sepak bola Argentina. Sebelumnya, mereka didenda 200 ribu pound karena tidak membawa pesepak bola Argentina di jumpa pers menjelang pertandingan di Brasil.


Editor : Eko Widodo
Sumber : BBC Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X