Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19: Tantangan Berat Menjaga Kebugaran

By Eko Widodo - Kamis, 3 Juli 2014 | 18:53 WIB
Latihan timnas U-19, harus pintar-pintar menyiasati latihan.
Fernando Randy
Latihan timnas U-19, harus pintar-pintar menyiasati latihan.

19, Indra Sjafri, memastikan akan memanfaatkan sisa laga Tur Nusantara II untuk memperbaiki kinerja tim asuhannya.

Selepas melakoni pertandingan me­lawan tim PON Jawa Barat, Evan Dimas cs. sudah ditunggu tiga lawan asal Jawa Timur, yakni Persik U-21 pada Jumat (4/7), Arema U-21 pada Senin (7/7), serta Persida Sidoarjo pada Jumat (11/7).

Tantangan terberat yang dirasa­kan punggawa Garuda Jaya adalah ketiga pertandingan itu dihelat pada bulan Ramadhan. Ke­bugar­an sebagian besar pemain tidak dalam kondisi ideal karena menjalani ibadah puasa.

Indra tidak akan mem­beda-bedakan porsi latihan buat pemain Muslim dan non-Muslim. “Porsi latih­an tetap sama rata. Hanya durasi­nya yang mungkin disesuai­kan. Tidak mungkin tim pelatih memaksa para pemain yang berpuasa menjalani latihan fisik berat dalam durasi berjam-jam setiap harinya,” kata Indra.

Asupan gizi, nutrisi, dan vitamin buat pemain diatur sedemikian rupa untuk menjaga kestabilan tubuh punggawa Tim Merah-Putih. Penerapan sport science amat krusial di bulan Ramadhan.

Salah satu metode sederhana yang diterapkan kepada para pemain adalah instruksi untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak di luar waktu puasa.


Editor : Eko Widodo
Sumber : Erwin Snaz), Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X