Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bangkit di Kuarter Keempat, M88 Aspac ke Semifinal

By Eko Widodo - Minggu, 8 Juni 2014 | 21:34 WIB
Partai antara M88 Aspac vs Pelita Jaya Energi MP.
Hendra Eka/NBL Indonesia
Partai antara M88 Aspac vs Pelita Jaya Energi MP.

2014 Championship Series di GOR UNY Yogyakarta, Minggu (8/6). Dua finalis musim lalu, M88 Aspac Jakarta dan Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta saling bentrok demi melaju ke semifinal.

Adalah Aspac yang sukses menjadi tim pertama menggenggam tiket semifinal. Kepastian ini didapat Xaverius Prawiro dkk, menyusul keunggulan 88-83 (39-45) atas Pelita Jaya. Pertandingan langsung sengit sejak tip-off. Ary Chandra membuka tiga poin awal Pelita Jaya.

Unggul field goal yang mencapai 43 persen, Pelita Jaya mampu menguasai jalannya kuarter pertama dan menutup kuarter ini dengan keunggulan 24-21. Ary Chandra menyumbang 7 poin bagi Pelita Jaya di kuarter pertama.

Tempo permainan makin cepat di kuarter kedua. Head coach Pelita Jaya, Nathaniel Canson seakan ingin menambah speed timnya, dengan memainkan dua point guard sekaligus, Kelly Purwanto dan Robert Santo Yunarto pada awal kuarter kedua. Cara ini cukup efektif menjaga dominasi Pelita Jaya. Kuarter kedua berakhir, Pelita Jaya masih memimpin 45-39.

Selepas half time, kedua tim kembali bermain ofensif. Aspac mampu mencetak 19 angka, sementara Pelita Jaya mampu mengemas 20 poin sepanjang kuarter ini. Pelita Jaya pun masih unggul 65-58 pada akhir kuarter ketiga.

Aspac kemudian mendapat momentum emas pada kuarter keempat. Tertinggal 65-67 di sisa 8 menit kuarter terakhir, Aspac berbalik unggul melalui tembakan tiga angka Xaverius Prawiro yang mengubah skor menjadi 68-67.

"Kunci kemenangan kami hari ini terletak pada performa Ius (Xaverius Prawiro). Kita dapat momentum dari tembakan tiga poinnya. Selain itu, pemain lainnya dapat menjaga shooter Pelita Jaya dengan baik," papar Rastafari Horongbala, pelatih kapala Aspac Jakarta.

Andakara Prastawa Dhyaksa mencetak 23 poin, 9 assist, dan 6 rebound. Penampilan menawan juga ditunjukkan Rookie of The Year musim ini, Ebrahim ’Biboy’ Enguio Lopez lewat kontribusi 21 poin dan 7 rebound. Xaverius Prawiro menyumbang tambahan 12 poin, disusul oleh Pringgo Regowo dengan donasi 9 poin dan 13 rebound.

Dari Pelita Jaya, Ponsianus ’Komink’ Nyoman Indrawan tampil sebagai top performer. Peraih gelar most valuable player (MVP) musim ini tersebut mencetak double-double lewat donasi 18 poin dan 11 rebound. Sayang, performa apiknya tak mampu mengantarkan kemenangan bagi Pelita Jaya.

Menyusul kekalahan ini, Pelita Jaya harus melakoni laga do or die berhadapan dengan Stadium Jakarta, Senin (9/6) pukul 17.00 WIB. Siapa yang kalah dalam laga ini akan tersingkir. Sementara yang menang berkesempatan menantang Aspac di semifinal, pada hari Rabu (11/6).


Editor : Eko Widodo
Sumber : NBL Indonesia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X