Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sst, Kutukan Derek Fisher, Kobe Ikut Jadi Korban?

By Eko Widodo - Rabu, 1 Januari 2014 | 04:00 WIB
Kobe Bryant dan Derek Fisher, dua sahabat. Kobe kena kutukan Fisher?
Getty Images
Kobe Bryant dan Derek Fisher, dua sahabat. Kobe kena kutukan Fisher?

2002 dan 2009-2010. Adakah pengaruh kutukan Fisher membuat Lakers kehilangan empat point guard dalam 8 pekan?

Usai memberikan cincin juara bersama Lakers pada 2000-2002, Fisher dicut oleh Lakers. Ia pindah ke Golden State Warriors. Warriors pun sukses melakukan transformasi menjinakkan Dallas Mavericks pada ronde pertama play-off musim 2006/07. Sementara Lakers, tak menemukan lagi sinar terang setelah Fisher dipaksa hengkang.

Kemenangan Warriors di ronde pertama play-off atas Dallas itu tak dirasakan Fisher sebab ia terbang ke Utah Jazz. Itulah kutukan pertama untuk Lakers, yang tak pernah juara lagi, dan berkah bagi Warriors.

Di Utah, Fisher hanya semusim namun mampu mematangkan point guard Deron Williams. Deron menjadi point guard bagus dan selalu membawa Utah ke babak play-off. Warriors kembali masuk masa suram sepeninggal Fisher meskipun memiliki Monta Ellis dan Baron Davis, dan baru bersinar lagi setelah mendapatkan Stephen Curry. Itulah kutukan kedua Fisher.

Usai Fisher ke Lakers, kekacauan mulai dialami Jazz, puncaknya adalah pertengkaran antara Deron Williams dengan pelatih Jerry Sloan. Sloan memilih pensiun sebagai pelatih daripada memaksakan diri sebagai pelatih, sedangkan Deron hengkang ke New Jersey Nets (sekarang Brooklyn Nets). Kutukan ketiga Fisher untuk Jazz.

Fisher kembali ke Lakers sebab ia perlu berobat intensif di Los Angeles untuk putrinya Tatum Fisher, yang mengalami kelainan mata. Los Angeles Lakers sukses menjadi juara NBA pada periode 2009 dan 2010. Namun, Fisher kembali dilepas dengan 'tidak hormat' oleh Mitch Kupchak, GM Lakers, ke Houston. Houston tak pernah diperkuat Fisher.

Kepergian Fisher meninggalkan kutukan keempat bagi Lakers. Empat point guard Lakers cedera di musim ini. Dimulai dari Steve Nash (punggung), Jordan Farmar (paha), Steve Blake (sikut), dan Kobe Bryant (retak patela lutut kiri). Point guard kelima yang diturunkan sekarang setelah Kobe cedera adalah Xavier Henry.

Setelah disia-siakan Lakers, Fisher sekarang bermain untuk Oklahoma City Thunder. Thunder semakin moncer sejak kehadiran Fisher. Prestasi mereka jauh lebih bagus dari Lakers sejak Fisher di sana. Asal tahu juga, cedera Achilles pemain utama Lakers, Kobe Bryant, diderita saat Lakers melawan Golden State Warriors, tim pertama yang menampung Fisher saat pertama kali dilepas Lakers di tahun 2004!

Boleh percaya, boleh tidak.

Faktanya, Xavier Henry pun sudah terkena cedera lutut. Farmar kembali robek hamstring dan harus absen empat pekan. Satu-satunya yang masih aman adalah debutan Kendall Marshall. Jika Marshall juga kena, kutukan itu rasanya sunguh-sungguh ada.


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X