Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Muntari Bicara Rasisme dan Balotelli

By Jaka Sutisna - Minggu, 15 Desember 2013 | 03:05 WIB
Sulley Ali Muntari
Getty Images
Sulley Ali Muntari

Gelandang AC Milan, Sulley Ali Muntari, bicara rasisme. Kepada Corriere dello Sport, Muntari mengaku akan terus berjuang memerangi rasisme di dunia sepak bola.

Sepak bola yang terkenal sebagai olah raga universal nyatanya tak terlepas dari rasisme. Pemain-pemain berkulit berwarna sering kali menjadi korban pelecehan dari sejumlah suporter maupun antar-pesepak bola sendiri.

Sulley Ali Muntari adalah salah satu pemain berkulit hitam yang sering kali menjadi sasaran rasisme dalam pertandingan.

"Tidak ada gunanya berbicara tentang provokasi karena tidak banyak orang yang memiliki mentalitas seperti itu. Kami sedang bekerja untuk mengubah iklim di sekitar kita," ungkap Muntari.

"Di Afrika, mereka tidak melihat perbedaan besar antara orang berkulit hitam dan putih. Darah yang mengalir melalui pembuluh darah kita adalah sama. Saatnya akan tiba ketika kita tidak harus membahas semua ini," tutur Muntari.

Selain Muntari, Mario Balotelli adalah pesepak bola yang sering menjadi korban pelecehan warna kulit. Sering kali akibat pelecehan tersebut Balotelli terprovokasi dan berakibat buruk untuk AC Milan.

Banyak pihak coba menasihati Balotelli agar tidak mudah terprovokasi oleh pelecehan yang dilakukan suporter. Namun, tidak dengan Muntari. Muntari mengatakan dirinya tidak pernah memberikan nasihat kepada Balotelli karena hal itu percuma saja.

"Saya tidak memberikan dia saran karena apa yang Anda katakan kepada Mario masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Saya hanya mengatakan kepadanya untuk tetap tenang karena melayani orang-orang tertentu hanya membuang-buang waktu," ujar Muntari.


Editor : Jaka Sutisna


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X