Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Akhir Dominasi Lionel Messi?

By Arief Kurniawan - Selasa, 10 Desember 2013 | 19:00 WIB
Lionel Messi
Getty Images
Lionel Messi

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Franck Ribery diumumkan FIFA sebagai kandidat pemenang Ballon d’Or 2013, Senin (9/12). Jika sebelumnya kerap difavoritkan, tahun ini Messi diramalkan tidak akan mengulangi kesuksesan kelima secara beruntun.

Bintang Barcelona Messi, yang sejak 2007 masuk ke tiga besar Player of the Year, telah menggondol empat trofi individual prestisius tersebut, yaitu pada 2009, 2010, 2011 dan 2012.

Para fan setianya berharap hasil tahun ini tidak akan berbeda. Tetapi, publik menilai dua calon lain memiliki kinerja yang lebih konsisten dibanding Messi, yang sepanjang tahun ini diusik masalah cedera.

Nama Ribery lebih diunggulkan untuk menyabet label terbaik 2013. Membawa Bayern Muenchen mengklaim titel Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champion merupakan bukti sahih kelayakan pemain asal Prancis.

Bahkan, dengan pesaing yang sama, Ribery dikukuhkan sebagai Pemain Terbaik Eropa versi UEFA. Fakta tersebut cukup menggoda bagi para pemberi suara yang terdiri dari kapten tim, pelatih dan media di dunia untuk memberi suara mutlak bagi eks awak Marseille itu.

Namun, pemenang penghargaan UEFA itu diumumkan Agustus. Bomber Real Madrid Ronaldo belum terlihat semenakutkan beberapa bulan terakhir. Pemenang FIFA World Player of the Year 2008 itu menjadi aktor tunggal El Real lolos ke sistem gugur Liga Champion sebagai juara Grup B dan Portugal ke Piala Dunia 2014.

Sepanjang tahun ini, mantan andalan Manchester United itu telah mencetak 67 gol di 56 pertandingan, dengan 32 gol dilesakkan sejak September.

Bagaimana dengan Messi? Cedera menghambatnya bermain rutin musim ini, hanya 14 pertandingan di semua kompetisi.
Namun, striker Argentina itu telah membukukan 14 gol musim ini, rasio satu gol per satu laga. Gelar La Liga musim lalu juga bisa menjadi nilai tambah Messi di mata para pemberi suara.
Siapa yang akan dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA? Tunggu jawabannya 13 Januari 2014.

(Theresia Simanjuntak)


Editor : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X