Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19: Terus Mengasah Efektivitas Permainan

By Eko Widodo - Senin, 9 Juni 2014 | 18:10 WIB
Maldini Pali (kiri), pemain Timnas U-19 harus komplet.
Peksi Cahyo/BOLA
Maldini Pali (kiri), pemain Timnas U-19 harus komplet.

19, Indra Sjafri, merasa masih banyak yang perlu ditingkatkan dari permainan anak-anak asuhannya, walau menang 4-0 atas Aceh Selection U-21. Indra menyoroti efektivitas permainan Evan Dimas dkk. dalam menciptakan peluang.

Sepanjang Tur Nusantara II, Indra memperbanyak materi latihan dalam hal penguasaan bola dan efektivitas serangan. Indra berharap para pemain tak hanya kuat dalam penguasaan bola, tapi juga harus pintar melihat celah untuk menciptakan peluang sebanyak-banyaknya.

“Jadi, penguasaan bola tidak mubazir. Anak-anak terus kami asah untuk melakukan umpan terobosan dan killing pass agar serangan bisa efektif,” jelas pelatih berusia 51 tahun itu.

Kepiawaian dalam melakukan umpan terobosan diperlukan untuk menambah variasi permainan tim. Timnas U-19 harus punya aneka cara memenangi pertandingan, tidak hanya bertumpu pada membangun serangan melalui sisi sayap.

“Dalam situasi tertentu, pemain juga harus berani melepaskan tendangan jarak jauh jika mendapatkan kesempatan,” kata Indra.

Laga kontra Pra-PON Aceh, yang digelar Jumat (6/6), menjadi uji coba ke-24 timnas U-19 dalam persiapannya menuju putaran final Asia AFC di Myanmar pada Oktober. Sepanjang uji coba yang dilakoni, pasukan Garuda Jaya baru menelan dua kekalahan, yakni saat menjajal Oman dan Myanmar dengan skor 1-2.  M. Hargianto memenangi 16 duel dan lima kali memetik hasil imbang.

Setelah menyambangi Aceh, punggawa Tim Merah-Putih berencana menjalani pertandingan kontra Semen Padang U-21 di Stadion H. Agus Salim, Padang, pada 11 Juni. Buat Indra, laga ini terasa spesial. Untuk pertama kalinya,  ia berkesempatan tampil di Sumbar, yang merupakan kampung halamannya.

Jadwal Tur Nusantara II
Rabu (11/6): vs Semen Padang U-21 (Stadion H. Agus Salim, Padang)
Senin (16/6):  vs Pra-PON Riau (Stadion Kaharudin Nasution, Pekanbaru)
Jumat (20/6):  vs Sriwijaya FC U-21  (Stadion Jaka Baring, Palembang)
Senin (30/6):  vs Pra-PON Jabar (Stadion Siliwangi, Bandung)
Jumat (4/7):  vs Persik U-21 (Stadion Brawijaya, Kediri)
Senin (7/7): vs Arema U-21 (Stadion Kanjuruhan, Malang)
Jumat (11/7):  vs Persida U-21 (Stadion Delta, Sidoarjo)


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X