Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Solusi Krisis Finansial Masih Melambung ke Langit

By Eko Widodo - Kamis, 22 Mei 2014 | 15:22 WIB
PS Sumbawa Barat, mengalami kesulitan keuangan meski disokong pertambangan emas.
Kabar NTB
PS Sumbawa Barat, mengalami kesulitan keuangan meski disokong pertambangan emas.

Ditutupnya keran dana hibah APBD membuat klub kasta kedua bekerja keras. Bahkan, di daerah yang memiliki sumber daya alam melimpah sekalipun, klub yang bermarkas di sana belum mapan untuk urusan keuangan.

Contohnya PS Sumbawa Barat (PSSB), yang teritorialnya kaya akan tambang emas. PT Indotan Sumbawa Barat sebagai sponsor resmi yang bisnis eksplorasi emas di Kabupaten Sumbawa Barat belum melaksanakan kewajiban. Gaji pelatih terlambat dua bulan, sementara gaji para pemain diutang sebulan.

“Sponsor PT Indotan Sumbawa Barat hanya mengumbar janji. Saat pertemuan di Jakarta, mereka berjanji 15 Mei semua hak kami dilunasi, tapi sampai sekarang belum ada,” ucap salah satu pemain yang tak mau disebut namanya.

Pelatih Winedy Purwita tak membantah dampak faktor kocek itu. Namun, ia sangat respek dengan Tassio Bako dkk. karena mereka tetap berlatih dan bertanding secara normal.

Bila daerah yang memiliki SDA melimpah saja masih sulit, apalagi klub yang berada di daerah ‘kering’. Banyak klub di Jawa yang harus pontang-panting mencari sponsor seperti Persipur, Persitema, atau Persip. Tim promosi Persenga Nganjuk juga terseok-seok di Grup 5.
 
Tim polesan Sunardi C. ini wajar menjadi juru kunci. Bila dibandingkan dengan PSSB pun Kabupaten Nganjuk tak ada apa-apanya, karena tak memiliki sumber daya alam melimpah. Di dae­rah ini juga tak ada perusa­haan besar.



Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Gatot Susetyo, Ario Yosia), Wiwiq Prayugi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X