Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Italia Harus Meniru Inggris Terkait Holiganisme

By Jaka Sutisna - Sabtu, 10 Mei 2014 | 16:24 WIB
Cesare Prandelli
Getty Images
Cesare Prandelli

Cesare Prandelli memiliki solusi sendiri untuk mengatasi holiganisme di sepak bola Italia. Menurut Prandelli, untuk menyelesaikan persoalan holiganisme, Italia harus mencontoh apa yang telah dilakukan Inggris.

Italia kembali diguncang kerusuhan antar-suporter saat final Coppa Italia antara Napoli melawan Fiorentina yang digelar di Stadion Olimpico, Sabtu (3/5). Akibat kerusuhan tersebut sejumlah fan dilaporkan mengalami luka-luka karena tertembak.

Sontak, stakeholder sepak bola Italia pun dibuat kalang kabut. Bahkan partai final nyaris ditunda karena peristiwa berdarah tersebut.

Aksi holiganisme yang masih terjadi Italia saat ini pernah dialami oleh Inggris sebelum era 1990an. Maraknya holiganisme di Inggris bahkan sering kali memakan korban jiwa yang tidak sedikit.

Otoritas sepak bola Inggris akhirnya melakukan terobosan untuk mengatasi masalah holiganisme dengan melakukan revolusi stadion. Stadion di Inggris yang dulunya lebih mirip penjara pun diubah menjadi stadion modern yang bernuansa kekeluargaan.

Alhasil, kini holiganisme di Inggris berhasil diatasi dan sepak bola Inggris menjelma menjadi yang terbaik di dunia.

Menilik hal tersebut Prandelli meminta Italia mencontoh apa yang telah dilakukan Inggris dalam mengatasi permasalahan holiganisme.

"Kita harus mencoba meniru model Inggris. Hal yang paling penting dalam sepak bola adalah permainan dan para fan," ujar Prandelli.


Editor : Jaka Sutisna
Sumber : Football Italia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X