Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pembinaan Usia Muda: Hari Grassroot Indonesia

By Eko Widodo - Jumat, 16 Mei 2014 | 13:23 WIB
Kurniawan Dwi Yulianto, mantan pesepak bola nasional, berbagi pengalaman.
Herka Yaris Pangaribowo
Kurniawan Dwi Yulianto, mantan pesepak bola nasional, berbagi pengalaman.

AFC telah menetapkan 15 Mei sebagai Hari Grassroot (akar rumput) di Asia. PSSI tak mau ketinggalan dalam me­manfaatkan momentum ter­sebut. Secara resmi federasi sepak bola di Indonesia itu juga men­jadikan waktu tersebut se­bagai hari akar rumput nasional.

Sebagai perayaan, sebanyak 300 anak dari sekolah sepak bola se-Jabodetabek dan Bandung diundang untuk hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (15/5), untuk mengikuti festival sepak bola bertajuk Grassroot Day dengan tema “Watering of Grass”.

Pesepak bola cilik yang berusia 10 sampai 12 tahun itu tak hanya berkesempatan mencicipi lapangan berstandar internasional untuk bermain sepak bola, tapi mereka mendapatkan pengajaran dari sekitar 30 pelatih.

“Kegiatan ini adalah stimu­lasi bagi aktivitas akar rumput dan harus menjadi virus di selu­ruh Asia dan Indonesia tentu­nya. Di sini sepak bola harus menjadi kegiatan yang me­nye­nangkan. Mereka harus ter­hindar dari tekanan dan hanya mengenal menang atau kalah. Mereka harus diajarkan bagai­mana bermain sepak bola sebenarnya,” tutur Sekjen PSSI, Joko Driyono.

Anak-anak tak hanya mendapatkan ilmu dari pelatih asal SSB. Tiga mantan pesepak bola nasional, Yeyen Tumena, Charis Yulianto, dan Kurniawan Dwi Yulianto, turut serta mengajarkan teknik-teknik dasar dengan menyandang status Duta Akar Rumput Indonesia.

“Mereka menjadi seperti ini karena sepak bola. Karena itu kami mengajak mereka untuk memberikan apa yang sudah mereka dapatkan selama ini. Saya harap sosok mereka sebagai mantan pemain timnas bisa menjadi penyemangat dan sumber motivasi bagi anak-anak yang hadir,” ucap Tommy Welly, General Manager Football Development PSSI.

“Saya bersemangat saat PSSI menghubungi untuk ter­libat. Terlepas dari program PSSI, pasti saya akan turun untuk mengembangkan pemain usia dini di Indonesia,” ucap Kurniawan.

Sementara itu, Andreas Sibarani, salah satu peserta dari SSB Pemuda Jaya, antusias bisa menginjak rumput SUGBK. “Selain itu kami mendapatkan ilmu dari mantan pemain timnas. Hal yang saya impikan,” ujarnya.

Kegiatan Grassroot Day ini tak hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Sebanyak 30 pelatih berkesempatan mengikuti work­shop dengan pembicara Maman Suryaman dan Zainal Abidin.

“Kami tak mau hanya pe­main yang disentuh. Pelatih juga penting untuk menjadi ujung tombak pembinaan. Kami ingin pelatih bisa mengajarkan ilmu yang tepat,” kata Tommy.

Sumber: Harian BOLA (Penulis: Kukuh Wahyudi)


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Kukuh Wahyudi)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X