Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Balikpapan All Stars: Dukungan Lintas Profesi

By Eko Widodo - Senin, 12 Mei 2014 | 17:56 WIB
Anggota BAS, aktif memberi dukungan untuk perkembangan sepak bola di Balikpapan.
Herka Yaris Pangaribowo
Anggota BAS, aktif memberi dukungan untuk perkembangan sepak bola di Balikpapan.

pria paruh baya yang sedang ber­tugas mengatur sebuah turnamen usia dini di La­pangan Sudirman, Balikpa­pan. Beberapa pria yang sedang sibuk mencatat hasil pertan­dingan itu adalah anggo­ta Balikpapan All Stars (BAS).

BAS dikenal warga Balikpapan sebagai sebuah komunitas yang beranggotakan pencinta dan pemerhati sepak bola. Jumlah anggotanya sekarang sekitar 55 orang. Uniknya, tidak hanya eks pemain Persiba Balikpapan sejak akhir era 80-an hingga 2000-an yang jadi anggota, ada pula karyawan perusahaan, tentara, pedagang, pengusa­ha, hingga tukang parkir!

Sejak berdiri pada 1998, BAS yang lintas profesi dan golongan sosial itu senantiasa membuktikan dukungan untuk ikut serta membuat sepak bola di Kota Minyak menggeliat.

“Banyak di antara kami, mantan pemain Persiba Balikpapan, melatih di SSB. Kami sering berdiskusi dan tukar pikiran mengenai apa yang dihadapi sehari-hari di SSB masing-masing. Dari situ biasanya kami memperoleh gagasan dan ide untuk ikut mengembangkan sepak bola lokal,” ucap Rahmin Sanjaya, asisten pelatih Persiba Balikpapan, anggota BAS, dan pelatih di SSB Pager Ijo.

Di luar kegiatan internal, BAS sering menyeleng­gara­kan berbagai kegiatan kemanusiaan seperti menggelar laga amal atau klinik kepelatihan di berbagai kecamatan di Kota Balikpapan hingga ke kota tetangga.

“Sebagai pencinta dan pemerhati sepak bola, kami hanya melakukan apa yang bisa diperbuat untuk mewarnai sepak bola di kota kami. Jadi panpel di turnamen, berbagi ilmu soal sepak bola, dan sebagainya. Kami harus aktif berperan mengembangkan sepak bola di kota sendiri,” ujar Maulana, pengurus BAS.

Meski sibuk mewujudkan cita-cita mulia, anggota BAS tidak melupakan permainan bal-balan itu sendiri. BAS pu­nya tim yang aktif ikut dalam ber­bagai turnamen. Saat ini BAS sedang meng­ikuti Galatua, turnamen yang diperuntukkan bagi tim dengan pemain berusia 40 tahun ke atas.

“Lumayan untuk cari keringat dan silaturahmi,” kata Rahmin.

#BOLA untuk Indonesia - Bangga Sepak Bola Kita

Sumber: Harian BOLA (Penulis: Aning Jati)


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Aning Jati)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X