Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Senior: Tak Mengganggu Persiapan U-23

By Eko Widodo - Minggu, 4 Mei 2014 | 16:45 WIB
Alfred Riedl, pelatih timnas senior. Punya banyak kendala di persiapan.
Fernando Randy
Alfred Riedl, pelatih timnas senior. Punya banyak kendala di persiapan.

Stars pada Minggu (11/5) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Saat hari pertandingan, Tim Singo Edan berangkat menuju Hong Kong untuk menjalani pertandingan babak 16 besar Piala AFC melawan Kitchee pada Rabu (14/5).

Badan Tim Nasional berencana mengubah komposisi pemain untuk menghadapi laga amal melawan ASEAN All-Stars. “Kami bisa memahami keputusan Arema tak melepas pemainnya. Mereka juga kepentingan besar mewakili negara di Piala AFC,” tutur Joko Driyono, Sekjen PSSI.

Ada tujuh pemain Arema yang masuk daftar 23 pemain timnas senior yang dipanggil Alfred Riedl di sesi pelatnas tahap kedua Piala AFF 2014. Mereka adalah Irsyad Maulana, Kurnia Meiga, Victor Igbonefo, Cristian Gonzales, Samsul Arif Munip, Ahmad Bustomi, dan Hendro Siswanto.

PSSI dan BTN mau mengalah karena duel Tim Garuda kontra  ASEAN All-Stars tidak masuk kalender FIFA. Laga tersebut hanya pertandingan yang bersifat amal untuk korban bencana topan Haiyan dan letusan Gunung Sinabung. Klub tak memiliki kewajiban melepas pemainnya buat timnas.

Walau kekurangan stok pemain, Alfred tidak berencana memanggil pemain-pemain timnas U-23. Tanpa pemain Arema, praktis timnas senior hanya memiliki 16 pemain.

Pelatih asal Austria itu tak ingin koleganya, Aji Santoso, yang tengah fokus membentuk tim Asian Games terganggu. Apalagi, Tim Garuda Muda akan mewakili Indonesia untuk bertanding melawan Rep. Dominika. Hasil pertandingan dihitung buat rekapitulasi ranking bulanan FIFA.

Aji sebagai nakhoda timnas U-23 sebenarnya tidak mempersoalkan jika ada pemain binaannya naik kelas sementara di timnas senior. “Bagus buat mereka. Menunjukkan bahwa standar pemain-pemain muda yang ada di timnas U-23 kualitasnya tinggi sehingga layak mendapat kesempatan tampil memperkuat timnas senior,” ujar Aji.

Hanya, ia berharap komunikasi lebih lanjut perlu dilakukan karena tim binaannya juga punya kepentingan besar tampil di Asian Games.

“Dalam waktu dekat pun kami akan bertanding melawan Dominika. Tentu saya butuh pemain yang bugar dan bisa fokus menjalani latihan persiapan tanpa terganggu aktivitas lain,” tutur Aji. 

Sumber: Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia)


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X