Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Senior: Lebih Banyak Pemain Muda Potensial

By Eko Widodo - Senin, 28 April 2014 | 18:56 WIB
Timnas U19, diyakini Alfred Riedl memiliki pemain potensial ke timnas senior.
Herka Yaris Pangaribowo
Timnas U19, diyakini Alfred Riedl memiliki pemain potensial ke timnas senior.

blakan, Alfred Riedl berujar dibandingkan empat tahun silam saat ia memimpin Indonesia di Piala AFF 2010, kini ia punya lebih banyak opsi pemain belia yang berkualitas. Nakhoda asal Austria itu juga menggarisbawahi bahwa problem utama melibatkan pemain muda adalah jam terbang dan kematangan.

“Mereka bermain bagus di masa persiapan, tapi penampilannya menurun di turnamen sebenarnya,” katanya.
Ia bersyukur banyak pema­in muda yang ada saat ini pu­nya pengalaman berlaga di luar ne­geri lewat program SAD Uru­guay.

“Hal itu sangat membantu. Mereka telah terbiasa mengha­dapi tekanan walau mereka tetap butuh didampingi pemain senior,” kata sang pelatih lagi.

Alfred mendukung kebijakan pengurangan pemain asing di pentas Liga Super Indonesia musim ini. Kans pemain lokal tampil lebih besar.

“Pelatih-pelatih klub terlihat berani memainkan pemain usia muda. Saya rasa regenerasi memang sudah selayaknya mulai dilakukan. Negara-negara pesaing juga melakukannya.”

Catatan khusus diberikan sang mentor terhadap pemain timnas U-19. “Indonesia punya banyak pemain bagus di timnas U-19. Yang terpenting adalah memastikan proses transisi ke level usia selanjutnya berjalan mulus. Cepat atau lambat, mereka akan bermain di kompetisi profesional. Situasinya jelas berbeda dibandingkan saat ini di timnas U-19,” kata Riedl.

Sumber: Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia)


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X