Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gullit Dan Pisang

By Caesar Sardi - Kamis, 8 Mei 2014 | 16:00 WIB
Ruud Gullit.
Dok. BOLA
Ruud Gullit.

Ini bukan cerita Ruud Gullit dengan Sampdoria, tetapi Gullit dengan yang lain. Sebelum dinyatakan resmi pindah ke Sampdoria minggu lalu, ia sempat mendapat ejekan dari seorang bangsawan Belanda, John Van Z. Si bangsawan telah mengedarkan ribuan kaos bergambarkan Gullit dengan sebuah pisang yang diselipkan, maaf, di pantatnya dengan tulisan berbunyi: "Gullit pengecut! Makan pisang ini!"

Kaos itu dilemparkan ke pasaran setelah Piala Dunia 1994. Dan tentu sasarannya adalah ulah Gullit yang ogah bergabung dengan tim nasional Belanda. Karuan saja si bangsawan terkena tuntutan di pengadilan, karena dituduh rasialis dan melakukan penghinaan yang cukup parah terhadap Gullit.

"Pisang seringkali digunakan sebagai lambang penghinaan terhadap para pemain berkulit hitam di Belanda," kata sang hakim menjelaskan.

Sanksinya baru dikeluarkan belum lama ini. John terkena denda 350 ribu lira atau sekitar setengah juta rupiah. Denda ini termasuk kecil. Buktinya John akan mengeluarkan desain kaos baru. Tentu bergambar Gullit lagi.

(Penulis: Zainal Muttaqien)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Mingguan BOLA Edisi No. 559 Minggu Ketiga November 1994


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X