Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19: Peran Pelatih Ibarat Bermain Layangan

By Eko Widodo - Rabu, 30 April 2014 | 14:55 WIB
Eko Purjianto, memiliki pengalaman banyak saat TC panjang di Italia.
Peksi Cahyo/BOLA
Eko Purjianto, memiliki pengalaman banyak saat TC panjang di Italia.

19. Kunci untuk bisa sukses tak hanya ditentukan dari sisi teknik, tetapi juga dari sisi psikologis. Untuk bisa menata kestabilan mental punggawa Tim Garuda Jaya perlu trik khusus.

“Pemain timnas U-19 tak bisa dibilang anak kecil lagi karena pada dasarnya usia mereka sudah memasuki fase dewasa. Sebagai mantan pemain, saya pernah merasakan gejolak kawula muda saat berusia sama dengan mereka,” kata Eko Purjianto, asisten pelatih timnas U-19.

Menurut Eko, pemain tidak harus dikekang dengan pola tangan besi.

“Menangani kondisi kejiwaan mereka harus tarik-ulur seperti layangan. Di usia mereka, menjalani latihan dalam durasi waktu yang amat lama tentu berat. Mereka pasti merasakan kejenuhan dan membutuhkan aktivitas di luar sepak bola.”

“Tugas pelatih adalah menjaga keseimbangan emosi mereka agar tetap bisa fokus berlatih,” kata Eko, yang pernah punya pengalaman berada dalam TC panjang di Italia saat bergabung di timnas Primavera pada era 90-an.

Sumber:
Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia)


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Ario Yosia)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X