Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Aplikasi Sains Dalam Klub Sepak Bola

By Suryo Wahono - Rabu, 12 Maret 2014 | 09:00 WIB
Jose Riga, mencoba pendekatan sains bagi timnya.
Ilustrasi
Jose Riga, mencoba pendekatan sains bagi timnya.

Bos baru Charlton, Jose Riga dikabarkan bakal mengadopsi pendekatan ilmiah dalam upaya menghindarkan klubnya dari zona degradasi menggunakan teknik yang disebut CogiTraining.

Pelatih asal Belgia ini memang kurang terkenal. Dia direkrut menggantikan pelatih sebelumnya, Chris Powell. Sebelumnya, Riga mengelola klub Standard Liege, tetapi baru-baru ini kabarnya bekerja sama dengan akademi AC Milan untuk mengimplementasikan pendekatan inovatif temuannya untuk memaksimalkan kinerja di lapangan.

Riga berandil menemukan teknik CogiTraining, yang sempat dianjurkan oleh Jose Mourinho bagi pemain Real Madrid selama dia bos di sana, walau hanya sepekan saja.

Apakah gagasan Riga ini nantinya berdampak positif bagi Charlton masih belum terlihat tentunya. Yang jelas, bila timnya bisa masuk zona aman di divisi Championship, ada kemungkinan metodenya bakal diterapkan juga di tim-tim lain.

Gagasan di balik konsep pelatihan Riga ini didasarkan pada penelitian tentang otak manusia, yang pada intinya ingin meningkatkan ritme, tempo, jarak, dan keterampilan teknis serta mental dari seorang pemain.

Metode ini memungkinkan pemain untuk "menginternalisasi unsur penting sepak bola modern: kecepatan visi, kecepatan pengambilan keputusan, dan kecepatan eksekusi" dapat dicapai melalui pemahaman dan peningkatan kinerja otak.


Editor : Suryo Wahono


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X