Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Klub Paling Untung dari Transfer Pemain (4)

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 26 Maret 2014 | 23:08 WIB
Radamel Falcao
Getty Images
Radamel Falcao

Sejak musim 2008/09 terjadi perputaran dana yang luar biasa besar di bursa transfer pemain. Selama lima musim ada dana sebesar 12,5 miliar euro atau hampir 200 triliun rupiah yang berputar di bursa transfer dan sebagian besar terjadi di lima liga terbesar di Eropa.

4. Liverpool

 Liverpool ada di posisi keempat dalam daftar klub dengan pemasukan terbesar dalam bursa transfer sejak musim 2008/09. Kejelian dalam melepas pemain besar di saat tepat telah mendatangkan keuntungan melimpah bagi klub yang bermarkas di Anfield tersebut.

Saat ini Liverpool tengah menikmati keuntungan dari penjualan pemain-pemain besar karena mereka telah mendapatkan para pengganti yang begitu istimewa walau lebih dulu harus mengalami masa sulit. Sekarang pemain-pemain seperti Luis Suarez, Daniel Sturridge, atau Jordan Henderson begitu memberikan keuntungan besar dari segi kontribusi.

Akan tetapi, sebelumnya The Reds sempat terpuruk usai kehilangan pemain-pemain seperti Xabi Alonso, Javier Mascherano, dan Fernando Torres. Xabi dan Mascherano pindah ke Spanyol, sedangkan Torres telah mendatangkan keuntungan besar bagi Liverpool usai menjualnya ke Chelsea dengan banderol sebesar 50 juta pound.

Sejak musim 2008/09 Liverpool sudah mendulang keuntungan besar. Total mereka mendapat pemasukan sebesar 238,9 juta euro atau lebih dari 3,7 triliun rupiah.

3. FC Porto

 Kejelian FC Porto mendatangkan pemain-pemain bertalenta besar telah menghasilkan keuntungan besar bagi mereka. Keuntungan besar tersebut bisa dilihat dari penjualan Radamel Falcao, Hulk, James Rodgriguez, dan Joao Moutinho.

Deretan nama-nama besar tersebut menjadikan Porto menempati peringkat ketiga sebagai klub yang mendapatkan keuntungan terbesar di bursa transfer sejak musim 2008/09. Total pemasukan Porto dari penjualan pemain sebesar 282,7 juta euro atau lebih dari 4,4 triliun rupiah.

<<== Sebelumnya          Selanjutnya ==>>




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X