Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Klub Paling Untung dari Transfer Pemain (1)

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 26 Maret 2014 | 23:06 WIB
Roberto Soldado
Getty Images
Roberto Soldado

Sejak musim 2008/09 terjadi perputaran dana yang luar biasa besar di bursa transfer pemain. Selama lima musim ada dana sebesar 12,5 miliar euro atau hampir 200 triliun rupiah yang berputar di bursa transfer dan sebagian besar terjadi di lima liga terbesar di Eropa.

10. Valencia

Valencia menempati posisi ke-10 sebagai klub yang mendapatkan untung terbesar dari bursa transfer sejak musim 2008/09 hingga bursa transfer musim dingin 2014.

Valencia mengalami kesulitan finansial dalam beberapa tahun terakhir. Situasi tersebut menjadikan mereka harus rela melepas para pemain terbaik.

Mulai David Silva, Juan Mata, David Villa, hingga Roberto Soldado secara bergantian pergi meninggalkan Mestalla. Akan tetapi, sebagai gantinya Los Che mendapatkan keuntungan sebesar 202,7 juta euro atau hampir 3,2 triliun rupiah.

9. AS Roma

Berbeda dengan Valencia, AS Roma tidak harus menjual sebagian besar pemain terbaik demi mendapatkan keuntungan dari penjualan pemain. Strategi transfer Roma cukup baik sehingga menempatkan mereka sebagai klub yang mendapatkan keuntungan terbesar kesembilan sejak musim 2008/09.

Sejumlah penjualan pemain muda telah memberikan keuntungan besar bagi Roma. Salah satunya transfer besar saat melepas Marquinhos ke Paris Saint-Germain pada musim panas lalu.

Selain itu, juga menjual Erik Lamela ke Tottenham Hotspur dan mendapatkan dana segar sebesar 30 juta euro atau sekitar 473 miliar rupiah. Total keuntungan yang diterima Roma di bursa transfer sejak musim 2008/09 sebesar 203,4 miliar euro atau lebih dari 3,2 triliun rupiah.

Selanjutnya ==>>




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X