Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Formula 1: Ayo Cerdik Siasati Konsumsi Bahan Bakar

By Editor Eko Widodo - Jumat, 14 Maret 2014 | 16:43 WIB
Jenson Button, manajemen bahan bakar di sesi latihan.
Getty Images
Jenson Button, manajemen bahan bakar di sesi latihan.

Berbagai perubahan regulasi teknis pada 2014 membuat balapan pertama di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (16/3), bakal sulit diprediksi.

Hasil lomba akan sangat ditentukan setelan mobil dan strategi yang tepat.

Selain performa mesin turbo dan manajemen ban, parameter kunci lain yang perlu dicermati setiap tim adalah soal bahan bakar. Bila musim-musim sebelumnya tak dibatasi (rata-rata 160 kg/lomba), kini setiap pebalap hanya diperbolehkan menggunakan 100 kg bahan bakar per lomba.

Pembatasan jumlah bahan bakar dilakukan terkait efisiensi. Hal ini menjadi tantangan terbesar para pebalap karena mereka dipaksa menggunakan bahan bakar 60 kg lebih sedikit dibanding musim lalu tanpa mengorbankan kecepatan.

Seberapa banyak bahan bakar yang digunakan saat lomba dipengaruhi banyak hal, mulai dari gaya membalap, setelan mobil, kondisi trek, dan karakteristik sirkuit. Para pebalap harus pintar-pintar mengatur kecepatan mobil bila ingin sampai di garis finis.

“Kami tak suka Formula 1 yang hanya memungkinkan pebalap menggeber mobil dalam kecepatan maksimum di setengah lomba saja,” kata Head of Engines Ferrari, Luca Marmorini, seperti dilansir f1fanatic.co.uk.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Oka Akhsan




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X