Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah dari Prancis, Lampu Kuning untuk Belanda

By Weshley Hutagalung - Kamis, 6 Maret 2014 | 21:04 WIB
Robin van Persie, tampil redup melawan Prancis.
Franck Fife/AFP
Robin van Persie, tampil redup melawan Prancis.

2 yang dialami oleh tim nasional Belanda saat menjalani laga persahabatan melawan Prancis di Stadion Stade de France, Rabu (5/3), memutus catatan 17 kali tak terkalahkan De Oranje di laga internasional terakhir.

Tidak hanya itu, dua gol yang dicetak Karim Benzema (32') dan Blaise Matuidi (41') ke gawang Belanda yang dikawal Jasper Cillessen sekaligus menjadi puncak dari penurunan performa Robin van Persie cs. yang tidak pernah menang di dua laga sebelum menghadapi Tim Ayam Jantan.

Kondisi ini harus segera dibaca oleh pelatih Belanda, Louis van Gaal. Pria berusia 62 tahun itu wajib memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan para pemainnya di tiga laga terakhir, khususnya di pertandingan versus Prancis.

Van Gaal mengaku lebih menyoroti kinerja para gelandang De Oranje yang tidak bisa menjadi awal dari alur serangan ke jantung pertahanan Prancis. "Sungguh bukan tim yang berpengalaman. Kami sempat memperbaiki penampilan pada babak II, tapi sudah terlambat," kata Van Gaal di situs Voetbal Internasional.

"Kami terlalu sering kehilangan bola di tengah. Nantinya, kami harus menunjukan sesuatu yang berbeda di Brasil," ujar mantan pelatih Bayern Muenchen dan Barcelona tersebut.

Berdasarkan statistik sepuluh tahun terakhir, Belanda memang cenderung mengalami penurunan performa menjelang turnamen resmi. Padahal, De Oranje selalu bisa menampilkan permainan terbaik di babak kualifikasi, baik Piala Eropa (2004, 2008, 2012) maupun Piala Dunia (2006 dan 2010) dan mendapat tiket dengan menyandang status juara grup.

Laporan: Indra Citra Sena


Editor : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X