Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

4 Pemain Timnas yang Hebat Lawan Arab Saudi (4)

By Riemantono Harsojo - Rabu, 5 Maret 2014 | 20:49 WIB
Boaz Solossa (kanan) kecepatannya merepotkan pemain Arab Saudi
Arief Bagus-BOLANEWS
Boaz Solossa (kanan) kecepatannya merepotkan pemain Arab Saudi

BOAZ SOLOSSA (4) Bermain gemilang pada laga debut dan menjadi pemain terakhir Indonesia yang mampu menjebol gawang Arab Saudi. Pencapaian itu menempatkan Boaz Solossa masuk dalam daftar 4 Pemain Timnas yang Hebat Lawan Arab Saudi versi Bolanews.

Boaz Solossa melakukan debut tim nasional senior pada 12 Oktober 2004 di Senayan dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2006 melawan Arab Saudi. Dimainkan sebagai penyerang kiri oleh pelatih Peter withe, Boaz Solossa didampingi oleh kakanya, Ortizan Solossa, yang bermain sebagai bek sayap kiri.


Kecepatan dan kolaborasi Boaz Solossa-Ortizan Solossa merepotkan pertahanan Arab Saudi, termasuk saat timnas tinggal diperkuat 10 pemain setelah bek kanan Ismed Sofyan diusir wasit pada menit ke-45.


Sekitar lima menit memasuki babak kedua, saat timnas tertinggal 0-2, Ortizan Solossa menyodorkan bola kepada Boaz Solossa di sisi kanan pertahanan Arab Saudi. Kelincahan dan kecepatan Boaz Solossa yang saat itu baru berusia 18 tahun dapat membuat bek Arab Saudi tertinggal.


Boaz Solossa kemudian melepas oumpan tarik mendatar yang langsung dicocor penyerang Ilham Jayakusuma masuk ke dalam gawang. Gol! Sayang timnas kemudian kalah 1-3.


Sembilan tahun kemudian, tepatnya pada 23 Maret 2013, Boaz tampil gemilang lagi kala berjumpa Arab Saudi. Kali ini dalam laga kedua timnas di Kualifikasi Piala Asia 2015.

Saat laga baru berjalan beberapa menit, Boaz membuat sekitar 65 ribu penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno bersorak gembira. Operan lambung dari kiper Kurnia Meiga membat Boaz Solossa tinggal berhadapan dengan kiper. Kapten Persipura itu kemudian melob bola yang kemudian masuk ke gawang. Indonesia unggul 1-0. Namun, Garuda akhirnya kalah 1-2.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X