Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

James Tomkins: Figur Kebangkitan West Ham

By Editor Eko Widodo - Sabtu, 1 Maret 2014 | 23:21 WIB
James Tomkins (kiri) berperan besar.
Getty Images
James Tomkins (kiri) berperan besar.

20 berada di peringkat 19. Tujuh pertan­dingan berikutnya posisi melesat jauh ke 10 besar. Demikian prestasi mentereng West Ham United.

Sebanyak 13 dari kemung­kinan maksimal 15 poin berhasil diraup Kevin Nolan cs. di lima partai Premier League terkini dan mereka mengantongi sembilan gol.

Kapten Nolan mendapatkan sorotan positif berkat torehan lima gol dalam kurun waktu tersebut. Sang gelandang seolah-olah ingin berterima kasih atas dukungan klub selama dia menjalani hukuman skorsing empat laga usai menendang bek Fulham, Fernando Amorebieta, pada pertandingan di Tahun Baru.

Namun, ada sosok yang layak disematkan gelar “pahlawan tanpa tanda jasa” lantaran tidak mendapatkan sanjungan yang seharusnya ia peroleh: James Tomkins. Pria berumur 24 tahun itu merupakan sosok sentral di balik keberhasilan West Ham hanya sekali menderita kebobolan dalam kurun waktu tersebut.

Statistik membuktikan Tomkins terlihat tak takut dalam mengupayakan pertahanan timnya tidak dibobol lawan. Dalam jumlah pertandingan tersebut, ia mendapatkan kesempatan 11 kali menekel lawan, enam di antaranya berakhir sukses.

Tomkins juga cuma empat kali melakukan pelanggaran. Dia membantu WHU terhindar dari kebobolan yang berasal dari situasi bola mati.

Ketangguhannya dalam duel udara menambah nilai positif Tomkins. Dengan tingkat akurasi mencapat 63 persen, pria berpaspor Inggris ini cuma kalah dari Gary Cahill (Chelsea, 33 kali) dan Per Mertesacker (Arsenal, 10) dalam lima laga terkini di masing-masing klub.

Tomkins bukan tanpa cela. Dia gagal mengawal Adam Lallana, yang akhirnya membuat Southampton melesakkan satu gol pada laga pekan ke-27 lewat Maya Yoshida. Namun, satu dosa itu tidak mengurangi betapa sentral peran Tomkins dalam kebangkitan skuat asuhan Sam Allardyce.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: CW-8




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X