Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sussie Wolff Pebalap F1 Cewek Pertama

By Suryo Wahono - Senin, 24 Februari 2014 | 22:12 WIB
Susie Wolff saat di Silverstone.
Getty Images
Susie Wolff saat di Silverstone.

Susie Wolff bakal jadi pembalap F1 cewek pertama dalam 22 tahun terakhir dalam grand prix F1 musim ini. Tim Williams telah memberi pernyataan resmi bahwa perempuan asal Skotlandia itu akan bersama mereka dalam dua sesi latihan bebas akhir tahun ini.

Tim mengatakan, Senin (24/2) ini, bahwa istri kepala motorsport Mercedes, Toto Wolff, berumur 31 tahun tersebut akan jadi pebalap pengembang walau perannya akan diperluas. Akan tetapi, Williams tidak mengatakan pada sesi lomba yang mana Wolff akan muncul.

"Saya berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan Williams yang terus mereka tunjukkan kepada saya dan 2014 menjanjikan lompatan karier yang sangat penting bagi saya," papar Wolff dalam pernyataan resmi yang dilansir Reuters.

"Bersaing dalam dua sesi FP1 (latihan bebas pertama), dilanjutkan pengujian penuh musim ini akan menjadi langkah besar dan saya mengharap kesempatan untuk berada di belakang kemudi FW36 pada sesi lomba grand prix."

Wolff pernah jadi pebalap di German Touring Car (DTM) selama tujuh tahun. Dia mengambil bagian dalam tes pebalap F1 tahun lalu. Kendati begitu, kesempatan untuk benar-benar tampil di sesi lomba sangat kecil, mengingat ada pebalap 21 tahun asal Brasil, Felipe Nasr, yang kini jadi penguji resmi dan pembalap cadangan tim.

Perempuan terakhir yang mengambil bagian sebagai pebalap grand prix adalah Giovanna Amati (Italia), yang gagal lolos bersama Brabham pada 1992. Namun, perempuan telah lama terlibat di semua level di paddock, mulai dari mekanik hingga bos tim.

Monisha Kaltenborn adalah bos Sauber, sedangkan Claire Williams kini wakil utama di tim yang didirikan oleh ayahnya, Frank.

Sauber bulan ini telah menunjuk Simona de Silvestro, perempuan asal Swiss berumur 25 tahun, yang telah berkecimpung selama empat tahun di seri IndyCar, sebagai pebalap afiliasi dan direncanakan ikut turun berlomba pada 2015.


Editor : Suryo Wahono


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X