Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Italia Siapkan 18.440 Tempat Untuk Para Wartawan

By Caesar Sardi - Selasa, 11 Februari 2014 | 17:00 WIB

0.

Apalagi dalam uji-coba beberapa hari sebelumnya, hanya setelah berjuang ekstra-keras hingga menit terakhir, Gianluca Vialli dan kawan-kawannya mampu memetik kemenangan 1-0 atas Austria.

Para pendukung pasukan Vicini kini menunggu-nunggu dengan cemas pula kemungkinan yang akan terjadi pada partai uji coba lainnya, melawan Uruguay 22 April mendatang.

Akan kalah lagikah?

Pertanyaan dengan rasa bimbang ini agaknya tak perlu diucapkan oleh orang-orang Italia di sisi yang lain, yakni mereka yang tergabung dalam komite penyelenggara "Italia 90".

Sebaliknya, mereka bahkan begitu optimistis dan bergairah untuk menyebut Piala Dunia 90 nanti sebagai kemenangan bagi  seluruh Italia.

Tak aneh jika Dubes Italia di Jakarta, Michele Martinez, pun sangat bangga dengan posisi negerinya sebagai tuan rumah Piala Dunia 90 dengan segala persiapannya yang matang.

"Karena itu datanglah beramai-ramai ke Italia," katanya sembari tersenyum kepada para undangan yang menghadiri presentasi STET di Jakarta pekan lalu.

STET adalah perusahaan terbesar di Italia untuk bidang telekomunikasi dan teknologi informasi. Mereka kini juga sangat sibuk sebagai salah satu sponsor pendukung Piala Dunia 90.

Dengan mencadangkan biaya sebesar 150 milyar lira (sekitar 225 milyar rupiah) STET tengah menyiapkan fasilitas dan pelayanan istimewa, sehingga wartawan, peserta maupun masyarakat luas akan dapat menikmati Piala Dunia 90 senyaman mungkin.

Wartawan

Khusus bagi wartawan, kenyamanan juga telah dijanjikan komite "Italia 90" untuk kepentingan tugasnya. Di antaranya, tak kurang dari 18.440 tempat duduk akan disiapkan di 12 stadion yang akan dipakai untuk bertanding.

Sebagian besar, 13.356 untuk wartawan koran dan majalah, sedangkan sisanya untuk para reporter radio dan televisi.

Lebih dari itu di tiap stadion disediakan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh wartawan, mulai dari semua bentuk sistem pengiriman berita sampai pesawat-pesawat monitor dengan enam saluran, televideo, dan kemudahan untuk mengikuti konferensi pers dari jarak jauh.

Dua belas stadion yang disiapkan sebagai panggung penyelenggaraan Pila Dunia 90 (mulai 8 Juni sampai 8 Juli) ini adalah Roma, Milan, Torino, Verona, Udine, Genoa, Bologna, Firenze, Napoli, Bari, Palermo, dan Cagliari.

Dua puluh empat negara akan tampil dalam perebutan piala sepakbola yang paling bergengsi ini. Dua di antaranya tanpa mengikuti babak kualifikasi, yakni Italia selaku tuan rumah dan Argentina sebagai juara bertahan.

Dua puluh dua tempat sisanya diperebutkan oleh tak kurang dari 113 negara, termasuk Indonesia yang di babak permulaan Asia harus bersaing dengan Hongkong, Jepang, dan Korea Utara.

(Penulis: Sumohadi Marsis, Mingguan BOLA Edisi No. 267, Minggu Kedua April 1989)


Editor : Caesar Sardi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X