Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelatih Timnas: Peremajaan Menjadi Lebih Mudah

By Suryo Wahono - Selasa, 11 Februari 2014 | 18:09 WIB
Rizky Pellu (kiri), skuat SEA Games 2013 Indonesia.
Getty Images
Rizky Pellu (kiri), skuat SEA Games 2013 Indonesia.

Kesempatan yang semakin besar bagi pemain muda tampil di LSI 2014 membantu pelatih timnas. Mereka lebih leluasa melakukan peremajaan di jajaran skuat Tim Garuda.

Asisten pelatih timnas senior, Widodo C. Putro, mengaku merekomen­dasikan banyak pemain belia ke pelatih kepala Alfred Riedl.

“Bicara kepentingan jangka panjang, mulai sekarang pemain muda perlu mendapatkan kesempatan membela timnas,” kata Widodo.

Aji Santoso, pelatih timnas U-23, yang hanya punya waktu singkat melakukan pemantauan pemain buat keperluan Asian Games, menilai kompetisi menjadi sarana efektif menempa pemain.

“Dengan durasi persiapan yang tak begitu panjang saya hanya berharap pemain memiliki jam terbang yang cukup di kompetisi LSI. Rangkaian pertandingan sarat tekanan secara kontinu akan mematangkan mereka,” ujar Aji.

Aji merasakan benar kesulitan yang dirasakan dirinya dan Rahmad Darmawan saat melakukan pemilihan pemain timnas U-23 di SEA Games 2013.

Mereka berdua harus membangun dari awal soliditas tim karena banyak pemain yang tidak dalam puncak penampilan karena kurang jam terbang.

“Situasi akan berbeda jika pemain tampil reguler di tim masing-masing,” ucap Aji.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Ario Yosia




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X