Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tes Jerez Hari 1: Mayoritas Tim Kesulitan

By Oka Akhsan M. - Rabu, 29 Januari 2014 | 01:18 WIB
Kimi Raikkonen, tercepat pada hari pertama.
Andrew Hone/Getty Images
Kimi Raikkonen, tercepat pada hari pertama.

Hari pertama tes pramusim 2014, Selasa (28/1), telah berakhir dengan Kimi Raikkonen sebagai pebalap tercepat. Berikut pandangan eks desainer Formula 1, Gary Anderson, terhadap jalannya tes secara keseluruhan seperti dilansir Autosport.

Sebanyak delapan mobil yang turun hari ini hanya menyelesaikan 93 putaran. Mengapa mayoritas tim mengalami kesulitan?

Saya agak bingung mengapa beberapa tim top, seperti McLaren, tak turun sama sekali. Ferrari bisa melahap 31 putaran dan itu sangat baik. Siapapun yang mampu melahap 20 putaran dengan empat atau lima putaran secara beruntun, maka itu merupakan sebuah pencapaian bagus. Hal ini memperlihatkan betapa sulitnya menemukan performa terbaik dengan power unit V6 1,6 liter turbo baru.

Tahun lalu, waktu terbaik pada hari pertama tes di Jerez adalah 1 menit 18,861 detik. Hari ini, Raikkonen cuma menorehkan 1 menit 27,104 detik. Mengapa mobil sangat lambat?

Performa terbaik dari mobil belum terlihat. Semua akan membaik seiring berjalannya waktu. Mungkin kita bisa melihat catatan waktu mulai menembus 1 menit 23 detik besok. Namun, sepertinya mobil tahun ini memang lebih lambat empat atau lima detik.

Melihat banyaknya tim yang mengalami masalah, apakah mobil mereka akan siap untuk balapan pertama di Australia pada 16 Maret?

Ya, mereka pasti bisa mengatasinya. Apakah mobil mereka memiliki daya tahan yang baik di Melbourne? Tidak. Mereka tak mengetahui masalah apa lagi yang akan hadir besok. Sulit memprediksi berapa tim yang akan finis. Jika biasanya 18-20 mobil, mungkin tahun ini lebih sedikit.

Mercedes terlihat cepat pada awal sesi, namun harus mengakhiri tes lebih cepat setelah Lewis Hamilton mengalami kecelakaan. Apakah Mercedes membuang kesempatan melakoni tes awal yang bagus?

Hamilton mengalami kecelakaan karena kerusakan sayap depan dan tim tak mengumumkan apa penyebabnya. Ferrari, yang sempat berhenti pada lap pertama, kemudian mampu melahap 14 lap. Jadi Mercedes kehilangan keuntungan. Tapi tetap saja mereka melakukan putaran yang lebih banyak dari tim lain.

Apakah jalannya tes besok akan sama seperti hari pertama?

Ya, kurang lebih demikian. Semua tim tak mengetahui apa yang akan terjadi. Semua mobil benar-benar baru dan mobil yang kembali ke garasi setelah melakukan putaran datang dengan masalah berbeda. Inilah proses pembelajaran bagi semua tim.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X