Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Filipina Gunakan Pemain NBA McGee dan Blatche

By Editor Eko Widodo - Minggu, 9 Februari 2014 | 20:01 WIB
Javale McGee (coklat), dinaturalisasi Filipina.
Getty Images
Javale McGee (coklat), dinaturalisasi Filipina.

14 September.

Bukti keseriusan itu adalah menaturalisasi dua pemain NBA, Javale McGee dan Andray Blatche. McGee bermain di Denver Nuggets, sementara Blatche di Brooklyn Nets. Namun pengajuan naturalisasi kedua pemain itu masih tertahan di Kongres.

Gilas Pilipinas, sebutan untuk tim nasional senior Filipina, terus mendorong naturalisasi itu. Senator Antipolo, Robbie Puno, seperti dikutip Inquirer, memasukkan House Bills 3783 dan 3784 untuk pengesahan McGee dan Blatche sesegera mungkin. Proses itu sama seperti yang dilakukannya pada Marcus Douthit.

"Kita semua melihat bukti nyata dari kehadiran Douthit pada prestasi bola basket Filipina. Pada FIBA Asia 2013 bisa ke final," kata kepala Samahang Basketbol ng Pilipinas (SBP), Manny V. Pangilinan. "McGee dan Blatche akan memperkuat skuat Filipina dan menambah kompetensi bersaing,” kata Pangilinan.

SBP memiliki waktu sampai 30 Juni untuk memasukkan 24 nomine ke Kejuaraan Dunia. Meskipun berpeluang besar disetujui, namun pelatih Chot Reyes tak mau menggunakan dua pemain NBA itu sekaligus.

"Saya hanya akan menggunakan salah satu pemain NBA itu ke Kejuaraan Dunia. Satu pemain lain saya gunakan pas Asian Games di Incheon, tidak lama setelah Kejuaraan Dunia," kata Reyes. Tampaknya Reyes sangat percaya pada skuat asli Filipina dan Fil-Am yang ia miliki.


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X